National Instruments Perkenalkan Platform Akademik

National Instruments Perkenalkan Platform Akademik

Bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), National Instruments (NI) menggelar sebuah seminar untuk memperkenalkan Platform Akademik dan Teknologi Terbarunya (8/4/2016). Krisna Wisnu selaku Field Applications Engineer NI hadir sebagai pemateri pada kesempatan tersebut. Tidak hanya mahasiswa pasca sarjana dan dosen FILKOM UB saja yang hadir sebagai peserta, dosen dan mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia lainnya seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Kanjuruhan, Sekolah Tinggi Teknik Harapan, UGM, Polinema dan UI juga hadir pada seminar tersebut.  

Telah lama berkiprah dalam dunia industri sejak 1986, NI kini telah merambah dunia akademik dengan produk teknologi NI LabView Student Edition. Disampaikan oleh Krisna perluasan perkembangan teknologi LabView untuk penggunaan dalam dunia akademik bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memanfaatkan teknologi NI secara optimal.
“Kita masuk ke akademik juga karena permintaan dari rekan industri. Katanya mereka juga butuh SDM yang mahir LabView. Butuh biaya yang tidak sedikit bagi perusahaan untuk mengikutkan karyawannya dalam training LabView. Jadi mereka akan senang kalau merekrut SDM yang sudah tersertifikasi dan mahir di teknologi NI,” jelas Krisna.

Hingga kini telah banyak industri yang beralih menggunakan LabView karena teknologi besutan NI tersebut mampu menyederhanakan pemrograman yang kompleks. Hingga kini pengguna LabView mencakup industri dan akademik. Sebagai contoh pengguna LabView di dunia industri antara lain Nokia, Microsoft, Toshiba, IBM, Sony, Unilever, Yamaha dan Ford. Sementara itu di dunia akademik LabView telah digunakan antara lain di FILKOM UB, Politeknik Negeri Padang, Universitas Indonesia, UNESA, ITS, UGM dan Politeknik Negeri Jakarta.  

Di bidang akademik sendiri Teknologi LabView telah digunakan dalam beberapa kategori Kompetisi Robot bagi mahasiswa yang bertaraf internasional. Antara lain pada ajang World Robot Olympiad (WRO), FIRST Robotics Competition dan World Skills Competition. Oleh karena itu bagi institusi pendidikan yang berminat untuk dapat mempelajari LabView, NI menyediakan 6 bulan free trial penggunaan LabView bagi mahasiswa dan free trial 1 tahun bagi dosen.
“Caranya mudah, hanya dengan menunjukkan KTM dan dosen pembimbingnya,” jelas Krisna. [dna]

Informasi lebih lanjut tentang LabView kunjungi www.ni.com atau hubungi Lab. Sistem Komputer dan Robotika FILKOM UB.