Dua Tim FILKOM UB Lolos Finalis Gemastik 9

Dua Tim FILKOM UB Lolos Finalis Gemastik 9

Dua tim perwakilan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) lolos sebagai finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK tahun 2016 (Gemastik 9).  Kedua tim tersebut adalah tim Raionistic yang lolos sebagai finalis di bidang E- Gorvernment dengan karyanya “Sekolah Go” dan tim Robihamanto yang lolos sebagai finalis bidang Pengembangan Bisnis TIK dengan karyanya “Tumblerism”. Keduanya beranggotakan masing-masing tiga mahasiswa FILKOM. Tim Raionistic dengan dosen pembimbing Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. beranggotakan Fidia Rosianti (2013), Abdul Aziz Hadyansyah Widada (2013) dan Ranu Golden Yeara Elzatar (2013). Sementara tim Robihamanto dengan dosen pembimbing Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., M.Eng. beranggotakan Robihamanto (2014), Sabrina Nurfadilla (2013) dan Moch. Wahyu Imam Santoso (2014).

Kedua tim tersebut didampingi dosen pembimbing dan salah satu staf kemahasiswaan FILKOM UB Andito Aryo Dwi Putro, S.Psi. dilepaskan oleh pimpinan FILKOM untuk hadir dalam acara puncak Gemastik 9 di Universitas Indonesia, Jakarta pada 27 – 29 Oktober 2019. Sebelum keberangkatannya para peserta mengikuti acara monitoring dan evaluasi (monev) internal oleh FILKOM untuk memantapkan persiapan sebelum mengikuti babak final. Dalam monev internal yang dilaksanakan di ruang A1.3 FILKOM pada Jumat (21/10/2016), kedua tim mempresentasikan karyanya didepan dosen pembimbing dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FILKOM Edy Santoso, S.Si, M.Kom.

Robihamanto dalam monev internal tersebut bahwa Tumblerism miliknya adalah teknologi penyedia minuman otomatis dengan inovasi wadah minum berupa tumbler yang dapat digunakan kembali. Tujuan dari pembuatan tumblerism adalah untuk mengurangi jumlah sampah plastik akibat kemasan minuman sekali pakai. Sementara itu tim Raionistic membuat suatu aplikasi terintegrasi yang berguna untuk memudahkan proses pengajuan perbaikan gedung sekolah dan pengadaan fasilitasnya. Hal ini dilakukan setelah melakukan penelitian lapangan dan ditemukan bahwa alur pengajuan perbaikan gedung atau fasilitas sekolah pada pemerintah secara konvensional panjang dan tidak mudah. Karenanya dengan aplikasi Go School tersebut dapat memperpendek alur dan mempermudah proses pengajuan oleh sekolah yang memutuhkan.

Dalam monev internal tersebut banyak masukan yang diberikan oleh wakil dekan III FILKOM maupun dosen pembimbing. Beberapa saran perbaikan yang disampaikan antara lain ketepatan waktu dalam presentasi dan cara penyampaian yang singkat namun jelas, kiat-kiat membuat slide yang efektif untuk presentasi dan lain sebagainya.
“Diusahakan diperhatikan waktunya maksimal 10 menit. Slide yang dibuat jangan terlalu banyak buat poin-poin saja nanti dijelaskan secara verbal,” ungkap Sabriansyah saat monev internal.

Dapat terpilih sebagai finalis sudah merupakan kebanggan tersendiri mengingat Gemastik adalah kompetensi bidnag IT bergensi yang merupakan program tahunan Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Meski demikian diharapkan kedua tim perwakilan FILKOM dapat memberikan usaha terbaiknya, sehingga kemudian mampu membawa pulang gelar juara di Gemastik 9 dan mengharumkan nama FILKOM UB. [dna]