UBITIG 2016: FILKOM Pertemukan Pemangku Kepentingan Bidang IT Indonesia di CEO TALKS 2016

UBITIG 2016: FILKOM Pertemukan Pemangku Kepentingan Bidang IT Indonesia di CEO TALKS 2016

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil mempertemukan para pemangku kepentingan di bidang Teknologi Informasi (IT) pada acara CEO Talks 2016 yang diselenggarakan di Studio UB TV, Rabu (19/10/2016). Acara ini menghadirkan Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, serta Chief Executive Officer (CEO) dan Senior Manager beberapa industri Informasi Teknologi di Indonesia, seperti AdIns, Cisco, Solusi247 dan PT Telkom. Himawat Aryadita, S.T, M.Sc selaku ketua pelaksana CEO Talk 2016 mengungkapkan bahwa pada kesempatan tersebut hadir pula sebagai audience perwakilan pemerintah daerah, pimpinan perguruan tinggi, dosen serta mahasiswa.

Tema yang diangkat pada CEO Talk 2016 adalah “Arah kebijakan Industri Teknologi Informasi dalam Rangka menuju Indonesia 1000 Startup”. Kegiatan CEO Talks 2016 ini diselenggarakan dengan dasar mengacu pada success story negara maju yang dalam pengembangan industri startupnya membutuhkan sinergi antara pemerintah, pendidikan tinggi dan dunia bisnis, baik investor maupun enterprise.

Upaya pengembangan industri teknologi informasi dirasa penting dilakukan karena industri e-commerce telah menjadi pendukung ekonomi Indonesia dalam era ekonomi digital. Menurut Samuel dalam sambutannya bahwa di tahun 2020 mendatang, pemerintah Indonesia ingin menempatkan Indonesia sebagai negara dengan perkembangan pelaku e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan telah dideklarasikannya visi Indonesia sebagai Digital Energy of Asia di awal tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo.
“Hal ini merupakan tanggungjawab bersama untuk bersinergi antara pemerintah, industri pelaku bisnis dan lembaga riset dalam pembangunan negara tercinta. Hasil riset dari Ernst and Young pada tahun 2014 menyatakan penjualan secara daring meningkat sebesar 40 persen setiap tahunnya. Ada sekitar 93 juta pengguna internet, dan 71 juta diantaranya menggunakan ponsel pintar. Ini menunjukkan ekonomi Indonesia didukung oleh pesatnya e-commerce”, ungkap Samuel.

Berbagai dukungan telah diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakat dengan membuat program pembinaan untuk perusahaan rintisan di bidang teknologi digital yg bermanfaat bagi masyarakat. Dengan jumlah pengusaha bidang IT yang belum terlalu banyak, maka seharusnya masih banyak kesempatan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia khususnya dalam bidang IT.

Untuk diketahui kegiatan CEO Talks 2016 ini merupakan salah satu dari rangkaian acara UB IT Innovation Gathering (UBITIG) 2016 yang diselenggarakan oleh FILKOM UB selama lima hari pada 15 – 19 Oktober 2016. UBITIG 2016 telah sukses mengusung berbagai rangkaian acara meliputi international conference dan symposium, seminar nasional, CEO Talks, kompetisi bidang IT, pameran penelitian dan IT Expo. [tim publikasi dokumentasi]