UBITIG 2016: FILKOM UB Co-host ICACSIS 2016

UBITIG 2016: FILKOM UB Co-host ICACSIS 2016

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi co-host/penyelenggara pendamping untuk kegiatan  The 8th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS 2016) yang digelar pada 15 – 16 Oktober 2016 di Gedung Widyaloka UB. ICACSIS merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan setiap setahun sekali oleh Fasilkom UI. Pada tahun 2016 ICACSIS sengaja diselenggarakan di Malang dengan berkolaborasi menggandeng FILKOM UB dengan tujuan untuk memberikan nuansa dan atmosfer berbeda. Sebelumya ICACSIS juga pernah diselenggarakan dengan konsep kolaborasi bersama dua perguruan tinggi lainnya di Indonesia yaitu IPB dan UNTAR.

ICACSIS 2016 dirancang terdiri atas dua program utama yaitu dengan menampilkan keynote speech yang dikombinasikan dengan invited speech dengan mengundang pembicara dan peneliti terkemuka di bidangnya. Pembicara dan peneliti yang diundang tersebut berasal dari dalam dan luar negeri. Selain itu terdapat juga parallel session yaitu sesi presentasi bagi peneliti yang papernya diterima dan lolos tahapan seleksi blind review. Paper yang masuk dan diterima tersebut tidak hanya dikirimkan oleh peneliti dalam negeri saja, namun juga peneliti dari luar negeri. Proses seleksi untuk paper yang diterima juga cukup ketat. Disampaikan oleh Harry B. Santoso, PhD. selaku Program Chair of ICACSIS 2016 bahwa tahun ini terdapat sekitar 170 paper yang masuk dan hanya 98 paper yang diterima untuk bisa mengikuti parallel session serta diterbitkan dalam proceeding ICACSIS 2016 yang telah terindeks scopus dan terarsip dalam IEEE Xplore.
“Tahun ini ada 10 negara yang berpartisipasi dalam parallel session antara lain dari Indoensia, Jerman dan Belanda. Hal ini yang menjadi persyaratan agar sebuah conference dapat diindeks scopus dan terarsip pada IEEE Xplore. Dibanding tahun lalu paper yang masuk meningkat. Tahun lalu sekitar 160 paper yang masuk,” jelas Harry.

Sementara itu disampaikan oleh Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T selaku ketua penyelenggara ICACSIS 2016 dari FILKOM UB bahwa kolaborasi international conference dengan UI kali ini menjadi momentum penting bagi UB khususnya FILKOM untuk belajar tentang pengelolaan dan penyelenggaraan international conference. Dengan demikian di masa mendatang jika FILKOM UB berencana untuk menyelenggarakan international conference serupa akan lebih mudah karena telah memiliki pengalaman yang cukup.
“Harapannya seluruh pihak yang berperan serta dalam ICACSIS 2016 ini dapat memperoleh banyak manfaat. Dapat bertukar pikiran tentang penelitiannya, dapat memperoleh ide mengenai penelitian yang dapat dikerjakan dikemudian hari atau dapat juga membangun jejaring sosial untuk keperluan kolaborasi research atau kegiatan ilmiah di bidang IT lainnya,” ungkap Herman.

Untuk diketahui ICACSIS 2016 ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan UB IT Innovation Gathering (UBITIG) 2016. UBITIG 2016 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh FILKOM UB dengan tujuan untuk menyediakan wadah dan memfasilitasi pertemuan antara akademisi, praktisi, peneliti, industri dan pemerintah yang memegang kepentingan dalam perkembangan Information Technology (IT) di Indonesia. UBITIG 2016 diselenggarakan selama lima hari pada 15 – 19 Oktober 2016 dengan mengusung berbagai rangkaian acara meliputi international conference dan symposium, seminar nasional, CEO Talks, kompetisi bidang IT, pameran penelitian dan IT Expo. [dna]

Adapun keynote speaker dan invited speaker yang dihadirkan pada ICACSIS 2016 kali ini adalah sebagai berikut:

Invited Speakers:

  • Prof. Jim Foster
    Keio University, Japan
  • Prof. Ramjee Prasad
    Founder Director, Center for TeleInFrastruktur (CTIF), Aalborg University, Denmark
  • Dr. Huang, Ye-Nun
    Research Center for Information Technology Innovation, Academia Sinica, Taiwan

Keynote Speakers:

  • Prof. Kohei Arai
    Saga University, Japan
  • Dr. Budi Wiweko
    Universitas Indonesia, Indonesia
  • Stéphan Bressan, Ph.D.
    National University of Singapore, Singapore
  • Prof. Han You-Jeong
    Pusan National University, Republic of Korea
  • Dr. Jan Pidanic
    Univerzita Pardubice, Czech Republic