Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB Makin Diminati

Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB Makin Diminati

Jumlah peminat Program Magister Ilmu Komputer/Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dilaporkan oleh Dr. Eng Fitri Utaminingrum, S.T, M.T selaku Ketua Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM pada orientasi pendidikan (ordik) tingkat fakultas Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Komputer/Informatika Semester Ganjil TA 2016/2017 Jumat (26/8/2016).

Disampaikan oleh Fitri bahwa pada periode ini jumlah peminat yang mendaftar mencapai 40 orang, dimana yang kemudian dinyatakan lolos tahapan seleksi sejumlah 30 orang. Dari jumlah tersebut kemudian yang melakukan daftar ulang dan resmi menjadi mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer/Informatika Semester Ganjil 2016/2017 adalah 27 orang. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan penerimaan mahasiswa pada semester Genap 2015/2016. Dimana peminat pada periode terdahulu tersebut sejumlah 22 orang dan mahasiswa yang diterima serta melakukan daftar ulang sejumlah 18 orang.

Pada penerimaan kali ini dari total 27 mahasiswa, 7 diantaranya mendapatkan beasiswa RISET FILKOM. Rincian beasiswa yang diberikan adalah beasiswa Diamond (pembebasan SPP 75%) untuk 1 mahasiswa, Gold (pembebasan SPP 50%) untuk 4 mahasiswa dan Silver (pembebasan SPP 25%) untuk 2 mahasiswa. Seluruh mahasiswa baru yang hadir pada orientasi pendidikan tingkat fakultas tersebut disambut oleh jajaran pimpinan FILKOM.

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D selaku Dekan FILKOM menyampaikan selamat pada peserta ordik karena telah diterima untuk melanjutkan studi di Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB. Dijelaskan oleh Wayan bahwa perkuliahan magister di FILKOM memiliki atmosfer yang berbeda dengan magister di fakultas atau universitas yang lain. Pada proses perkuliahan di Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB daalm setiap mata kuliah, mahasiswa akan menemukan penugasan berupa project dengan hasil akhir yang diminta adalah publikasi jurnal ilmiah. Dengan demikian maka ketika lulus setiap mahasiswa akan memiliki 2 hingga 3 publikasi jurnal nasional dan atau internasional.
“Tujuannya supaya lulusan nanti memiliki track record yang jelas dan memiliki nilai tambah saat bersaing di dunia kerja,” ungkap Wayan.

Untuk mendukung sistem tersebut FILKOM telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang publikasi ilmiah mahasiswa program magister. Disampaikan oleh Wayan bahwa selama masih tercatat sebagai mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer FILKOM, maka mahasiswa tersebut akan diakomodir dalam pembiayaan publikasi ilmiahnya baik level nasional maupun internasional. Selain itu untuk membiasakan dan memberikan mahasiswa pengalaman merasakan atmosfer penelitian di tingkat internasional, maka FILKOM juga menyediakan satu kali kesempatan per mahasiswa untuk pembiayaan keikutsertaan pada konferensi internasional di wilayah Asia Tenggara.
“Tidak hanya untuk tingkat nasional saja tapi juga untuk internasional. Biaya untuk ikut konferensi internasional atau publikasi jurnal internasional rata-rata diatas 10 juta rupiah. FILKOM menyediakan kesempatan itu bagi kalian yang punya penelitian untuk dipublikasikan. Dengan syarat untuk publikasi ilmiahnya harus menghasilkan jurnal yang terindeks scopus,” jelas Wayan dalam sambutannya membuka ordik maba Program Magister Ilmu Komputer.

Setelah pembukaan, ordik fakultas yang digelar dalam satu hari tersebut kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai gambaran umum tentang Program Magister Ilmu Komputer dan psikotes untuk melihat potensi pada masing-masing mahasiswa. Selain itu terdapat pula sesi sosialisasi berbagai grup riset yang terdapat di Program Magister Ilmu Komputer FILKOM yaitu (1) computer vision, (2) geoinformatika, (3) jaringan berbasis informasi, (4) teknologi media, game dan piranti bergerak, (5) sistem cerdas, (6) rekayasa perangkat lunak dan (7) sistem informasi. [dna]