LKI AMD Bawa FILKOM Juara Umum Ke-2 MTQ UB Ke – XII Tahun 2016

LKI AMD Bawa FILKOM Juara Umum Ke-2 MTQ UB Ke – XII Tahun 2016

Lembaga Kajian Islam Al-Fatih Muslim Drenalin (LKI-AMD) sebagai perwakilan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dalam ajang kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Universitas Brawijaya ke -XII 2016 berhasil menyandang juara Umum Ke-2. Raihan tersebut naik satu tingkat dibanding tahun lalu dimana FILKOM memperoleh Juara Umum Ke-3 MTQ UB 2015. Dalam kompetisi yang diselenggarakan 26 – 28 Mei 2016 tersebut LKI-AMD menurunkan 17 orang mahasiswa dan 2 orang mahasiswi.

Edo Fadila Sirat (Informatika/2014) salah satu official staff untuk perwakilan FILKOM pada MTQ UB 2016 mengungkapkan bahwa perwakilan FILKOM ikut serta dalam 9 kategori musabaqah/kompetisi meliputi (1) Musabaqah Tilawatil Qur’an, (2) Musabaqah Tartilil Qur’an, (3) Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz, 10 juz dan 15 juz, (4) Musabaqah Syarhil Qur’an, (5) Musabaqah Fahmil Qur’an, (6) Musabaqah Qira’at Sab’ah, (7) Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan (8) Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an. Sebenarnya dalam MTQ UB 2016 terdapat total 13 kategori yang diperlombakan. Namun karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang ada, maka FILKOM terpaksa tidak mengikuti dua kategori lomba yaitu Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an dan Musabaqah Khaththil Qur’an.
“Karena informasi tentang lomba yang sangat mendadak, kami hanya punya waktu tiga hari  untuk pembinaan dan mencari mahasiswa FILKOM sebagai peserta,” ujar Edo.

Gelar juara umum ke 2 MTQ UB 2016 tersebut diberikan kepada FILKOM setelah berhasil menjuarai 6 kategori musabaqah, yaitu Juara 1 Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz (kategori mahasiswa baru/maba), juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (maba), juara 1 Musabaqah Tartilil Qur’an, juara 2 Musabaqah Fahmil Qur’an (maba) dan juara 2 Musabaqah Syarhil Qur’an. Usai hadir dalam acara penyerahan hadiah dan penutupan MTQ UB 2016, Edy Santoso, S.Si, M.Kom., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB yang turut hadir menyampaikan harapannya agar mahasiswa FILKOM yang telah menjadi juara pada MTQ tingkat UB ini dapat ikut serta dalam MTQ tingkat nasional tahun 2017 mendatang.
“Harapan saya teman-teman FILKOM dapat berkontribusi dalam prestasi MTQ Mahasiswa Nasional DIKTI tahun 2017 di UB dan UM,” ujar Edy. [dna]