FILKOM UB Luncurkan Aplikasi Edukasi Kebudayaan dan Kekayaan Indonesia

FILKOM UB Luncurkan Aplikasi Edukasi Kebudayaan dan Kekayaan Indonesia

Menjelang Hari Kebangkitan Nasional ke-108, Grup Riset Teknologi Media, Game dan Perangkat Bergerak (MGM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) meluncurkan sebuah aplikasi mobile edukatif bagi anak-anak bertemakan kebudayaan dan kekayaan Indonesia yang diberi nama Jagoan Indonesia. Aplikasi game edukasi Peluncuran aplikasi yang diselenggarakan di ruang MGM pada Kamis (19/5/2016) dihadiri oleh wartawan media lokal dan nasional.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Kepala Laboratorium Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak (PAPB) Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T. bahwa aplikasi Jagoan Indonesia memiliki tiga menu permainan utama “Jelajah”, “Puzzle” dan “Kuis”. Pada menu “Jelajah”, awalnya pengguna akan diberikan informasi tentang pakaian dan rumah adat serta obyek khas tiap-tiap provinsi di Indonesia; seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Monumen Nasional di DKI Jakarta, dan Burung Cendrawasih di Papua. Caranya pengguna cukup memilih salah satu provinsi untuk mengetahui apa saja kekhasan yang dimiliki daerah tersebut. Setelah semua informasi tentang provinsi itu disampaikan kemudian pengguna akan diminta untuk mencocokkan posisi obyek-obyek khas provinsi tersebut dalam peta. Provinsi yang telah berhasil diselesaikan akan ditandai dengan warna kuning.

Pada menu permainan “Puzzle”, pengguna diminta untuk menyusun kepingan-kepingan gambar wilayah 34 provinsi ke dalam peta Indonesia. Permainan ini berguna untuk membantu pengguna dalam mengetahui letak berbagai provinsi di Indonesia. Dalam menu permaianan puzzle ini pengguna juga ditantang untuk bisa menyelesaikan puzzle dengan catatan waktu tercepat.

Menu permainan terakhir adalah “Kuis”. Permainan ini untuk menguji pemahaman pengguna akan pengetahuan umum tentang Indonesia. Meski demikian menu permainan Kuis ini masih belum dapat diakses oleh pengguna pada versi aplikasi saat ini karena masih dalam tahap pengembangan. HIngga saat ini game edukasi Jagoan Indonesia dapat diunduh di Apple Appstore oleh para pengguna iPad melalui tautan https://itunes.apple.com/id/app/id1102715173
“Saat ini aplikasi Jagoan Indonesia dapat berjalan pada perangkat Apple iPad. Kami sedang mengembangkan aplikasi untuk versi iPhone dan platform Android. Tunggu saja!” jelas Mury Fajar selaku Programmer Mirai dan juga alumni FILKOM UB yang turut hadir pada acara launching Jagoan Indonesia.

Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T. pada kesempatan itu menjelaskan pula bahwa Gadget/perangkat elektronik telah sangat dekat dengan kehidupan anak-anak saat ini. Keberadaan aplikasi edukasi tidak hanya mengurangi dampak negatif dari penggunaan gadget, namun juga mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif anak-anak, termasuk menanamkan pengetahuan tentang kebudayaan dan kekayaan Indonesia. Selain konten edukasinya, kelebihan aplikasi ini terletak pada ilustrasi gambar dan narasi suara yang menarik.

Aplikasi edukasi ini merupakan pilot project hasil kerjasama FILKOM UB dengan Mirai Education, sebuah perusahaan pengembangan aplikasi edukasi di Jepang. Aplikasi-aplikasi edukasi yang dikembangkan Mirai Education sangat populer di Jepang dan menjadi aplikasi peringkat atas di Apple AppStore pada kategori Educational Apps.  Dengan bimbingan dari Mirai Education, diharapkan pengembangan aplikasi Jagoan Indonesia yang melibatkan mahasiswa, alumni dan dosen FILKOM UB ini mampu meraih sukses dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.  [hani/dna]

Video aplikasi game edukasi Jagoan Indonesia dapat diakses di sini.