Eksekutif Mahasiswa Sistem Komputer Berikan Pelatihan Robotika pada Siswa SMA di Kota Malang

Eksekutif Mahasiswa Sistem Komputer Berikan Pelatihan Robotika pada Siswa SMA di Kota Malang

ROBO-NATION (Robotic Workshop for Fun and Education) adalah salah satu program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat Eksekutif Mahasiswa Sistem Komputer (Sosma EMSK) berupa workshop dan pelatihan robotika bagi siswa-siswi SMA yang ada di kota Malang (12,19 dan 26/3/2016). Pemberian pelatihan kepada siswa-siswi SMA sangatlah penting untuk menumbuhkan motivasi mereka untuk berprestasi khususnya di bidang robotika. Harapan dari ROBO-NATION ini adalah untuk meningkatkan peminat calon mahasiswa program studi Sistem Komputer atau sekarang disebut dengan Teknik Komputer dimana siswa-siswi SMA di kota Malang dapat mengetahui lebih jauh tentang program studi Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) serta menumbuhkan minat terhadap pembelajaran hardware khususnya robotika yang memang telah menjadi ciri khas dari program studi Teknik Komputer. Pelatihan ini juga menjadikan siswa-siswi SMA di kota Malang tidak awam lagi terhadap hardware yang nantinya akan membantu mereka ketika duduk di bangku kuliah khususnya di program studi Teknik Komputer.

Acara yang bekerjasama dengan laboratorium Sistem Komputer dan Robotika (Siskombot) ini, terbagi menjadi dua sesi yakni acara teknis dan non teknis.
Seminar masuk ke acara non teknis semacam pemberian materi teori robot. Yang kedua ada teknis, jadi peserta langsung berkecimpung di pembuatan robot,” terang Muhamad Taufiq, Ketua Pelaksana ROBO-NATION.

SMA Negeri 8 Malang sebagai awal perjalanannya mengusung tema Exploring Robotic Technology, acara ini mendapat respon positif dari pihak sekolah. Selain SMAN 8 Malang program kerja Sosma EMSK ini juga dilanjutkan ke SMAN 4 dan SMKN 5 Malang.

Pada acara teknis yakni sesi merakit dan coding robot LEGO EV3, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok kemudian dibimbing oleh kakak pendamping yang dipilih dari asisten laboratorium Siskombot. Tak hanya merakit dan coding saja, antusiasme peserta semakin terlihat ketika diberi tantangan untuk membuat robot LEGO EV3 bergerak lurus ketika mendekati selotip hitam dan melakukan rotasi jika tidak mendeteksi selotip hitam di arena yang disediakan. [panitia ROBO-NATION]