Lomba Desain Poster Peksima UB 2016 di FILKOM

Lomba Desain Poster Peksima UB 2016 di FILKOM

Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Universitas Brawijaya (Peksima UB) 2016 untuk kategori lomba desain poster diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM pada Kamis (24/3/2016). Bertempat di Laboratorium Basis Data dan Laboratorium Sistem Informasi gedung C FILKOM peserta yang hadir sejumlah 29 mahasiswa perwakilan berbagai fakultas di UB. Dari jumlah tersebut awalnya terdapat 40 orang peserta yang terdaftar, namun 11 peserta didiskualifikasi karena setelah 15 menit dari perlombaan dimulai peserta belum juga hadir. Menurut Jamal salah satu panitia Peksima UB 2016 yang bertugas bahwa aturan tersebut mengacu pada aturan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). Seperti diketahui bahwa Peksima UB merupakan rangkaian seleksi awal dalam gelaran regional Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) yang kemudian pemenangnya akan maju pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIII yang tahun ini akan berlangsung 20-26 September 2016 di Kendari, Sulawesi Tenggara.
“Panitia mengacu pada aturan di Peksiminas. Karena di Peksiminas sendiri tidak ada toleransi kehadiran. Bagi yang datang terlambat otomatis didiskualifikasi. Kalau untuk Peksima UB ini masih diberi toleransi 15 menit,” jelas Jamal.

Lomba desain pada Peksima UB 2016 tersebut mengangkat tema “Pesona Pantai Nambo”, salah satu pantai yang terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara. Desain poster wajib dibuat dengan menggunakan komputer dan diselesaikan dalam waktu enam jam. Panitia Peksima UB 2016 bekerjasama dengan FILKOM menyediakan fasilitas komputer bagi peserta. Setiap komputer telah diinstal lima macam software desain grafis yang diperbolehkan untuk digunakan dalam perlombaan yaitu freehand, coreldraw, photoshop, illustrator dan indesign. Desain poster yang dibuat tidak boleh mengandung unsur suku, agama dan ras (SARA) serta pornografi.

Tercatat sebagai satu-satunya perwakilan FILKOM yang turun pada lomba desain poster adalah Cindy Felita N. A. S. mahasiswa program studi Sistem Informasi angkatan 2014. Pada Peksima UB 2016 FILKOM menurunkan total 29 mahasiswa untuk turut serta dalam 14 kategori lomba yang meliputi penulisan puisi, penulisan cerita pendek (cerpen), penulisan lakon, monolog, vocal group, komik strip, keroncong, dangdut, seriosa, pop, baca puisi, desain poster, melukis dan fotografi.

Rencananya hasil karya peserta lomba desain poster akan masuk tahap penjurian pada 28 Maret 2016, dengan menghadirkan tiga orang pakar desain grafis yang kompeten sebagai juri. Sementara itu nama pemenang akan dimumkan pada acara penutupan Peksima UB 2016 tanggal 31 Maret 2016 mendatang. [dna]