BKPK Selenggarakan Beauty Class bagi Karyawati FILKOM UB

BKPK Selenggarakan Beauty Class bagi Karyawati FILKOM UB

Badan Konseling dan Penempatan Kerja (BKPK) menyelenggarakan kegiatan Beauty Class bagi karyawati Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/FILKOM UB (d/h PTIIK UB) dengan menggandeng salah satu brand kosmetik Indonesia pada Jumat (26/02). Wiwin Lukitohadi, SH, Psi., CHRM. selaku kepala BKPK mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam upaya peningkatan standar penampilan karyawan di FILKOM UB.
“Kualitas layanan konsumen dibentuk dari kesiapan dan penampilan karyawan. Penampilan yang bersih, rapi, seragam, dan enak dilihat menambah kesan profesionalitas serta meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Wiwin.

Pada kesempatan tersebut tema pelatihan yang diangkat adalah make up no make up, yaitu bermake-up dengan menghasilkan kesan natural dan tidak berlebihan. Astuti salah satu pemateri dari brand kosmetik yang dihadirkan memulai kelas kecantikan tersebut dengan mengajarkan cara membersikan wajah. Make up yang baik diawali dengan kondisi kulit wajah yang bersih, karena itu cara membersihkan wajah yang benar sangat penting. Pertama dengan mengaplikasikan milk cleaser dengan gerakan memutar dari bagian dagu ke arah atas bagian pipi kemudian kening. Gerakan memijat ini jika dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi kerutan yang ada di kulit wajah. Cleanser kemudian dibersihkan dengan tisu atau kapas dan cuci wajah dengan facial wash. Selanjutnya aplikasikan toner wajah dengan cara ditepuk – tepuk untuk menutup pori yang sempat terbuka karena proses pembersihan dengan milk cleanser.
“Toner biasanya mengandung alkohol. Kalau aplikasinya diusap akan mudah membuat kulit jadi iritasi. Jadi pengaplikasiannya harus ditepuk tepuk saja ke wajah,” jelas Astuti.

Proses selanjutnya pengaplikasian pelembap wajah, foundation dan bedak. Cara pemilihan foundation dan bedak harus berdasarkan warna kulit pengguna. Pilih foundation yang warnanya mendekati warna kulit leher, agar saat diaplikasikan tidak terlihat perbedaan warna yang jauh antara wajah dengan leher. Untuk kulit asia berwarna sawo matang dianjurkan untuk menggunakan bedak yang berwarna kekuningan bukan kemerahan.
“Kalau bedak yang warnanya kemerahan diaplikasikan ke kulit sawo matang nanti jadinya akan kelihatan abu-abu”, jelas Astusi.

Setelah itu make up dapat dilanjutkan ke bagian mata, pipi dan bibir. Pada mata eyeshadow diaplikasikan terlebih dahulu sebelum eye liner dan maskara. Sementara penggunaan blush on untuk muka yang cenderung tembam, diarahkan dari telinga ke hidung. Untuk muka yang cenderung tirus pengaplikasian blush on sebaiknya dari telinga diarahkan ke bibir. Sedangkan untuk penggunaan lipstik, bagi yang memiliki bibir cenderung tebal disarankan agar saat menggunakan lipgloss untuk efek kilau tidak diaplikasi secara menyeluruh ke seluruh bibir. Hal itu justru dapat membuat tampilan bibir makin terlihat penuh dan tebal. [dna]