IBI Darmajaya Lampung Lakukan Studi Banding ke FILKOM UB

IBI Darmajaya Lampung Lakukan Studi Banding ke FILKOM UB

Bertujuan untuk melakukan studi banding, perwakilan Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya Lampung mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/FILKOM UB (d/h PTIIK UB) pada Rabu (24/02/2016). Hadir pada kesempatan tersebut anggota himpunan mahasiswa IBI Darmajaya Lampung beserta beberapa dosen yang turut mendampingi. Kehadiran mereka disambut baik oleh Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informasi (KBMSI) FILKOM UB dan pimpinan program studi Sistem Informasi (prodi SI), Suprapto, S.T, M.T selaku Kepala Prodi SI dan Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D selaku Sekretaris Prodi SI.

Pada kesempatan tersebut informasi yang dibagikan pada peserta kunjungan lebih difokuskan pada informasi tentang bagaimana Prodi SI di FILKOM dijalankan. Diawali dengan menyampaikan sejarah berdirinya FILKOM, Ismiarta kemudian menyampaikan tentang kurikulum yang diberlakukan di prodi SI. Dijelaskan olehnya bahwa kurikulum dibuat dengan terlebih dahulu menentukan profil lulusan seperti apa yang diharapkan akan dihasilkan dari prodi FILKOM. Kemudian profil lulusan menjadi acuan ditentukannya apa kemampuan mahasiswa yang dibutuhkan. Jenis kemampuan tersebut yang selanjutnya dijadikan dasar penentuan macam mata kuliah yang akan diberikan pada mahasiswa.

Adapun target profil lulusan prodi SI dibagi dalam tiga jenis, meliputi bidang (1) IS governance & mangement roles dengan contoh jenis pekerjaan meliputi IS manager/supervisor, IS support officer, IS Auditor dan IS Consultant, (2) IS development dengan contoh jenis pekerjaan meliputi system analyst, application developer, database designer, database programmer, User Interface designer dan evaluator, (3) sementara gabungan dari bidang pertama dan kedua memiliki contoh jenis pekerjaan seperti Business analyst, Enterprise architect, Project manager, Database administrator serta Data analyst.

Disampaikan oleh Ismiarta bahwa lulusan prodi SI ditargetkan untuk memiliki kemampuan sebagai berikut; (1) mampu menghubungkan tujuan organisasi dengan solusi yang tepat untuk mencapainya, (2) menilai alternatif solusi yang didapat dan menentukan solusi terbaik untuk diterapkan, (3) menentukan apakah kebutuhan pengadaan untuk implementasi solusi didapat dengan cara membeli, menyewa atau membuatnya sendiri, (4) mampu menentukan arsitektur, spesifikasi dan mengorganisir project dengan baik, (5) memonitoring sistem yang telah terbangun secara periodik dan melakukan perbaikan jika ditemukan permasalahan.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Ketua EMSI, Agung Surya Saputra (SI/2012) sebagai perwakilan KBMSI juga berbagi cerita tentang bagaimana himpunan mahasiswa FILKOM dikelola dan berjalan. Disampaikan oleh Agung bahwa pada struktur internal KBMSI kedudukan Musyawarah KBMSI adalah yang tertinggi. Berdasarkan hasil Musyawarah KBMSI tersebut kemudian dibentuk Badan Perwakilan Mahasiswa Sistem Informasi (BPMSI) dan Eksekutif Mahasiswa Sistem Informasi (EMSI). BPMSI memilki tiga departemen yaitu legislasi, sosma dan infokom. Setiap departemen pada BPMSI bertugas untuk mengawasi kinerja setiap departemen yang ada pada EMSI. Sementara itu beberapa departemen yang dimiliki EMSI terdiri atas Advokesma, Penelitian dan Pengembangan Studi (P2S), Humas serta Kewirausahaan.
“Mungkin di tempat lain menyebutnya himpunan. Tapi kami lebih senang menggunakan istilah Keluarga Besar,” jelas Agung.

Pada akhir sesi rombongan dari IBI Darmajaya Lampung juga diajak berkeliling FILKOM UB untuk melihat secara langsung suasana kampus. Selain itu peserta kunjungan juga diberi kesempatan untuk melihat sarana prasarana yang ada seperti berbagai laboratorium yang menunjang proses belajar mengajar di FILKOM. [dna]