Alumni FILKOM UB Terima Beasiswa LPDP ke Waseda University Jepang

Alumni FILKOM UB Terima Beasiswa LPDP ke Waseda University Jepang

Untuk pertama kalinya alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/FILKOM UB, (d/h PTIIK-UB) terpilih sebagai penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2016 luar negeri tujuan Waseda University Jepang. Dia adalah Widyaning Chandramitasari alumni angkatan 2010 Program Studi Informatika. Widyaning mengungkapkan bahwa keinginan untuk mendaftar beasiswa LPDP merupakan bagian dari cita – citanya menjadi dosen. Dirinya mengaku sangat suka mengajar. Kegemarannya tersebut terpupuk dari pengalamannya selama 2 tahun menjadi asisten praktikum di FILKOM UB.

Penerima beasiswa LPDP terpilih berhak atas beberapa komponen pembiayaan meliputi biaya pendidikan dan biaya pendukung seperti asuransi kesehatan, visa dan biaya hidup bulanan. Untuk mendapatkan beasiswa LPDP Widyaning megaku dirinya harus menjalani beberapa tahap seleksi. Dimulai dengan persiapan persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar, para pelamar beasiswa LPDP wajib mempersiapkan rencana studi dan menulis dua esai dengan tema “Kontribusiku bagi Indonesia” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Seluruh esai harus terdiri atas 500 – 700 kata.
Bagi saya keinginan terbesar saya adalah untuk dapat membahagiakan orang tua. Saya juga ingin membawa Indonesia menuju ke kondisi yang lebih baik dengan dimulai dari usaha saya melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya,” ungkap Widyaning.

Tahapan seleksi selanjutnya adalah seleksi administrasi pemeriksaan dokumen. Meski hanya memiliki waktu singkat untuk mempersiapkan berbagai ketentuan dokumen yang dibutuhkan, Widyaning akhirnya dapat lolos ke tahapan seleksi selanjutnya. Pada seleksi berikutnya pelamar beasiswa wajib mengikuti rangkaian seleksi wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD) dan On the spot Essay Writing. Bertempat di STAN Jakarta, peminat beasiswa LPDP cukup banyak dan semuanya memiliki motivasi tinggi dengan cita – citanya masing – masing. Persaingan ketat diakui Widyaning sangat terasa ketika dirinya mengikuti seleksi LGD. Pada tahap ini peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Dimana kemudian setiap kelompok akan membahas suatu topik dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan dalam waktu 50 menit. Setiap peserta yang berada dalam satu kelompok dengan Widyaning diakuinya sangat kritis dan memiliki jawaban yang solutif.

Sementara itu pada tahap seleksi wawancara, peserta dihadapkan dengan 3 orang interviewer dimana salah satunya adalah psikolog. Menurut pengalaman Widyaning beberapa pertanyaan yang diberikan padanya antara lain mengenai rencana studi dan penelitian, apa yang sekiranya dapat diberikan peserta untuk Indonesia, serta hal – hal lain terkait motivasi peserta melanjutkan pendidikan. Dapat memberikan jawaban yang meyakinkan para interviewer Widyaning kemudian berhasil mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Pada saat ini Widyaning mengaku disarankan untuk mencoba mendaftar di salah satu universitas di Inggris atau Jepang. Dengan bantuan rekomendasi dari Tibyani , S.T, M.T salah satu dosen FILKOM yang sedang menjalankan tugas studi doktoralnya di Graduate School of Information Production and System (GS-IPS) Waseda University Jepang serta dua dosen FILKOM lainnya Satrio Agung W., S.Kom, M.Kom dan Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D, Widyaning kemudian berhasil mendapatkan Letter Of Acceptence dari GS-IPS Waseda University untuk masa perkuliahan Oktober 2016.
Semua perjalanan tidak ada yang mudah. Semua itu usaha yang disertai doa dari orang – orang terdekat terutama orang tua kita. Jadi jangan mudah menyerah untuk menggapai cita – cita yang baik, karena sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat sekali. Jangan pernah takut bermimpi setinggi – tingginya untuk menggapai cita – cita,” pesan Widyaning.

*Konsultasi Beasiswa ke Jepang bagi mahasiswa dan alumni Filkom UB, dapat menghubungi Tibyani, S.T., M.T. via email : tibyani@ub.ac.id atau account Facebook Tibyani Hambali.