FILKOM Kembali Gelar “FILKOM Goes to School”

FILKOM Kembali Gelar “FILKOM Goes to School”

Mengingat banyaknya manfaat positif dari keberhasilan penyelenggaraan “PTIIK Goes to School” pada tahun 2015 lalu, Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) kembali melaksanakan program serupa pada tahun 2016 ini dengan nama “FILKOM Goes to School”. Dilaksanakan pada masa libur perkuliahan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 (16/1/15 – 15/2/15), FILKOM Goes to School kali ini juga menurunkan mahasiswa – mahasiswa FILKOM sebagai volunteer untuk melakukan sosialisasi terkait studi lanjut di bidang information technology (IT) pada beberapa SMA sederajat di daerah asalnya.

Wakil I bidang Akademik FILKOM, Ir. Heru Nurwasito, M.Kom. mengungkapkan bahwa program FILKOM Goes to School tersebut diselenggarakan untuk memperkenalkan Universitas Brawijaya (UB), khususnya FILKOM pada siswa SMA sederajat di seluruh Indonesia dengan bantuan dari mahasiswa yang sedang berlibur di daerah asalnya masing-masing. SMA sederajat yang dikunjungi pada program FILKOM Goes to School kali ini mencakup sekolah yang berada di daerah di seluruh Indonesia.
“Pertama kali FILKOM Goes to School kita adakan pada saat libur semester genap. Tapi ternyata banyak permintaan dari SMA yang dikunjungi untuk menyelenggarakannya pada liburan semester ganjil. Itu supaya siswa punya waktu yang cukup untuk mendaftar SNMPTN dan SBMPTN. Kalau kita adakan di semester genap sudah terlalu mepet dengan pendaftaran masuk PTN,” jelas Heru.

Tidak hanya bertugas memberikan gambaran umum tentang FILKOM yang baru berdiri selama 3 tahun, mahasiswa FILKOM yang bertugas sebagai volunteer juga dibekali materi tentang peran penting dunia IT. Antara lain mengenai perkembangan IT yang sangat pesat dan pemanfaatan bidang IT pada hampir seluruh bidang kehidupan manusia. Selain itu para volunteer juga akan memberikan informasi tentang berbagai program studi (prodi) untuk S1 yang ada di FILKOM. Tahun 2016 FILKOM membuka beberapa prodi baru sehingga semakin banyak pilihan prodi bagi para pendaftar, meliputi (1) Informatika/Ilmu Komputer, (2) Sistem Informasi, (3) Teknik Komputer, (4) Pendidikan Teknologi Informasi dan (5) Teknologi Informasi.  

Meskipun masih tergolong baru, FILKOM telah menjadi fakultas dengan peminat terbanyak pada SNMPTN beberapa tahun terakhir ini. Dengan adanya program FILKOM Goes to campus disinyalir dapat semakin meningkatkan jumlah peminat yang ingin melanjutkan studinya di FILKOM. Untuk diketahui, pada SNMPTN 2013 FILKOM tercatat paling diminati di UB dengan pendaftaran calon mahasiswanya mencapai 4.264 orang (1). Jumlah tersebut makin meningkat setelah diadakannya program FILKOM Goes to Campus pada 2015 lalu. Dimana kemudian pada SNMPTN 2015 jumlah peminat yang mendaftar ke FILKOM meningkat menjadi 6.774 orang (2). Jumlah tersebut hanya untuk program studi (prodi) Informatika saja, belum termasuk jumlah peminat pada prodi yang lain di FILKOM. [dna]