Kokohkan Sistem Manajemen Mutu, FILKOM Gelar AIM UKPA Siklus 14

Kokohkan Sistem Manajemen Mutu, FILKOM Gelar AIM UKPA Siklus 14

Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) terus berbenah diri demi mencapai visinya sebagai centre of excellence entrepreneur pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komputer. Kali ini untuk mengokohkan sistem manajemen mutu berbasis standar mutu yang berlaku di Universitas Brawijaya (UB), FILKOM menyelenggarakan Audit Internal Mutu Unit Kerja Pelaksana Akademik (AIM UKPA) Siklus 14 Tahun 2015 (29/10 – 4/11).

Sedikit berbeda dari AIM siklus terdahulu, pada AIM UKPA Siklus 14 ini FILKOM  termasuk salah satu fakultas di UB yang diberikan kewenangan untuk melakukan AIM dengan pengelolaan mandiri oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) yang ada di fakultas. Oleh karenanya untuk audit atas unit kerja program studi dan laboratorium dilakukan auditor internal FILKOM. Sementara audit atas fakultas dilakukan oleh auditor dari Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB dan GJM FILKOM.

AIM UKPA Siklus 14 FILKOM tersebut akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu pada 29 Oktober 2015, 3 November 2015 dan 4 November 2015. Pada hari pertama (29/10) unit kerja yang diaudit adalah empat laboratorium di FILKOM, meliputi Lab. Sistem Informasi, Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, Lab. Komputer Dasar dan Lab. Game. Sesuai dengan instruksi Rektor UB, lingkup audit untuk laboratorium mencakup tindaklanjut atas hasil AIM UKPA Siklus 13 tahun 2014 dan implementasi ISO 9001:2008. Sementara untuk level program studi (prodi) lingkup audit meliputi tindaklanjut atas hasil AIM UKPA Siklus 13 tahun 2014, Standar Mutu UB yang mencakup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama). Untuk level fakultas, audit yang diberlakukan mencakup poin – poin pada prodi ditambah dengan audit pada lingkup Sistem Dokumentasi PK-BLU dan Kontrak Kinerja PK-BLU Universitas.

Pada hari kedua (3/11) rencananya audit akan dilakukan atas Keminatan Sistem Komputer, Lab. Sistem cerdas, Lab. Jaringan Komputer, Lab. Sistem Komputer dan Robotika serta Lab. Aplikasi Perangkat Bergerak. Sementara itu hari terakhir (4/11) audit akan dilanjutkan pada level Fakultas (Program TIIK), Prodi S1 Informatika,  Sistem Informasi, Pendidikan Teknologi Informasi dan Prodi S2 Ilmu Komputer. [dna]