Direktur PT. ACE: Kesuksesan adalah Pertemuan antara Kesempatan dan Kesiapan

Direktur PT. ACE: Kesuksesan adalah Pertemuan antara Kesempatan dan Kesiapan

Wiryanatha Wijaya, S.Kom., DILP.FP Direktur PT. Adicipta Carsani Ekakarya (PT. ACE) mengungkapkan bahwa kesuksesan adalah pertemuan antara kesempatan dan kesiapan. Hal tersebut disampaikan dalam acara Penandatanganan MoU dan Seminar”Tips dan Trik Menghadapi Dunia Kerja” yang terselenggara berkat kerjasama Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) dengan PT. ACE pada Rabu (9/9).

Dalam kesempatan tersebut Wirya berbagi pengetahuan dan pengalamannya tentang berbagai cara untuk meraih kesuksesan baik sebagai employee maupun entrepreneur. Menurutnya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjadi employee ataupun entrepreneur yang sukses. Pertama, karena kesempatan itu selalu datang tiba-tiba maka untuk dapat meraih sukses seseorang harus terus menerus meningkatkan potensi dirinya dalam rangka membangun kesiapan diri.
“Kesempatan untuk menjadi sukses itu banyak. Tapi masalahnya kalian siap atau tidak saat kesempatan  itu datang?” ungkap Wirya.

Kedua Wirya mengingatkan agar tidak memfokuskan diri pada kompensasi jangka pendek, namun lebih berorientasi pada upaya pengembangan kapasitas diri. Seringkali orang mengeluh jika harus bekerja lembur atau melakukan pekerjaan diluar jobdesknya. Namun orang sukses akan melakukan segala tugas positif yang diberikan padanya dengan usaha maksimal dan menerimanya sebagai bukti kepercayaan atasan pada kemampuannya. Selain itu tugas diluar jobdesk juga dapat menambah pengalaman serta pengetahuan. Wirya juga berpesan pada mahasiswa FILKOM yang hadir agar tidak mengotakkan diri pada bidang tertentu, melainkan selalu terbuka pada ilmu baru dan melihat trend perkembangan masyarakat.
“Jangan selalu menghitung pekerjaan yang kalian lakukan dengan uang yang kalian dapat. Itu hanya masalah sepele. Bekerjalah lebih dari pendapatan yang diperoleh dan buat perusahaan berhutang pada anda. Itu cara efektif untuk cepat meningkatkan jenjang karir,” jelasnya.

Ketiga untuk bisa menjadi sukses seseorang harus menjadi pribadi yang dapat dipercaya secara attitude maupun dalam hal tanggung jawab pekerjaan. Keempat Wirya berpesan agar selalu belajar dari orang-orang yang telah sukses.
“Orang yang sudah sukses pasti tahu bagaimana caranya untuk menjadi sukses. Itu membutuhkan waktu bertahun-tahun. Mungkin ada yang 10 tahun atau lebih. Dengan belajar dari mereka, kita bisa menghemat waktu dengan tidak perlu melakukan berbagai kesalahan yang sudah dialami orang sukses terdahulu. Jadi kita akan bisa sukses lebih cepat,” ungkap Wirya.

Dalam kesempatan tersebut Wirya menyarankan para peserta seminar yang hadir untuk membaca buku yang dapat membuka wawasan dan membentuk pola pikir menjadi orang sukses. Dua buku yang direkomendasikan untuk dibaca adalah The 7 Habits of Highly Effective People tulisan Stephen R. Covey dan The Cashflow Quadrant tulisan Robert Kiyosaki. Tidak hanya itu para peserta juga diminta untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya tentang Java, .NET dan IOS developer. Karena disampaikan Wirya bahwa orang dengan kemampuan tersebut yang banyak dibutuhkan dalam industri IT. 

Selain hadir sebagai pemateri pada seminar, PT. ACE juga hadir di FILKOM UB untuk mengadakan campus recruitment. Kegiatan campus recruitment yang dilaksanakan setelah seminar usai diikuti sekitar 40 lulusan FILKOM. Seleksi yang diselenggarakan di FILKOM adalah seleksi kemampuan algoritma dan interview. Yoan Ochotan selaku HR Recruitment Specialist PT. ACE yang turut hadir bersama Wirya mengungkapkan bahwa kandidat yang diterima nantinya akan ditempatkan di PT.Ace dan beberapa perusahaan rekanan PT.ACE di Jakarta untuk mengisi posisi sebagai Jr. IT Developer, Sr. IT Developer, Oracle Developer, Business Analyst dan Project Manager. [dna/hnf]