Rangkuman Kegiatan Pertemuan Rutin ke 4 Pusat Kajian Geoinformatika

Rangkuman Kegiatan Pertemuan Rutin ke 4 Pusat Kajian Geoinformatika

Sufia Adha Putri, S.Kom mengawali pertemuan rutin ke 4 Pusat Kajian Geoinformatika dengan mempresentasikan research plan yang berjudul MangGIS: Malang's Angkot Interactive WebGIS. Melalui research plan MANGGIS, asisten dosen dari Lab Sistem Informasi ini berharap dapat berkontribusi dalam mengembangkan GIS (Geographic Information System) untuk angkutan kota Malang dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System).

Lebih lanjut, Sufia Adha Putri, S.Kom menjelaskan penelitian ini dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama dibagi menjadi beberapa tahapan, antara lain: (1) pengumpulan data lapangan dan analisa permasalahan; (2) DSS (Decision Support System) untuk menentukan jalur yang diambil penumpang; (3) DSS untuk menyarankan penumpang untuk melakukan perjalanan wisata; (4) melakukan pembicaraan dan koordinasi dengan organda terkait penelitian; (5) analisa dan perancangan MangGIS; (6) implementasi; dan (7) evaluasi. Dalam DSS, dirancang beberapa fitur, antara lain: Peta Tematik, Multiple Layer, My Angkot, Search, dan Trip Planner. Setelah bagian pertama pada penelitian ini terlaksana, pengembangan MangGIS bagian kedua dilanjutkan pada MangGIS Mobile, Sistem Pengawasan Angkot, dan Sistem Pengelolaan Angkot.

Diskusi dilanjutkan dengan rapat pertama Panitia International Conference on Geoinformatics 2015 yang dipimpin oleh Bapak M.Tanzil Furqon, S.Kom, M.CompSc. Rapat ini menghasilkan nama-nama dan tugas panitia inti International Conference on Geoinformatics 2015. Kegiatan ini dicanangkan pada awal bulan Desember 2015. Pengumpulan abstrak akan dimulai sekitar bulan Mei 2015. Keynote speaker yang akan diundang merupakan tokoh-tokoh yang berkompeten di bidang Geoinformatika di dunia. Siapa saja yang akan menjadi keynote speaker dalam  International Conference on Geoinformatics 2015? Lalu apa yang menjadi tema International Conference on Geoinformatics 2015? Mari kita nantikan Rangkuman Kegiatan selanjutnya dari Pusat Kajian Geoinformatika! [RIR, SAP]