Upgrading GJM UJM FILKOM UB

Upgrading GJM UJM FILKOM UB

Dalam rangka mengokohkan sistem manajemen mutu di Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK), maka Gugus Jaminan Mutu (GJM) FILKOM menyelenggarakan kegiatan upgrading pada Selasa hingga Rabu (18–19/08). Kegiatan yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer Dasar tersebut diikuti oleh pimpinan, tim GJM dan UJM serta seluruh kepala laboratorium di FILKOM. Sementara itu pemateri yang dihadirkan dari internal dan eksternal FILKOM menyampaian berbagai bahasahan berbeda namun tetap saling berhubungan.

Pada hari pertama tiga materi penting yang disampaikan meliputi: (1) Sistem penjaminan mutu dan SPMI UB oleh Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. selaku ketua PJM UB, (2) Standar Mutu UB oleh Dr. Dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes., Sp.ParK. selaku sekretaris PJM UB dan (3) Dokumentasi Penjaminan Mutu (ISO) oleh Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. selaku perwakilan FILKOM dalam tim PJM UB. Dijelaskan oleh Herman Tolle bahwa tujuan sistem manajemen mutu adalah untuk menjaga konsistensi proses, kepuasan pelanggan, perbaikan berkelanjutan dan mencegah terjadinya produk yang cacat.
“Dalam menilai kepuasan pelanggan komplain yang masuk sangat diperlukan. Karena komplain itu bukti adanya janji pelayanan yang tidak terpenuhi sehingga menimbulkan ketidakpuasan pelanggan,” ungkap Herman Tolle.

Sementara itu pada hari kedua beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan meliputi (1) Penyampaian materi Best Practice UJM Teknik Pengairan FT UB oleh Rini Wahyu Sayekti, MS. selaku ketua UJM Teknik Pengairan FT UB, (2) Materi Penjaminan Mutu di FILKOM oleh Rekyan Regasari MP., ST., MT. selaku ketua GJM FILKOM dan (3) Sharing Permintaan Tindakan Koreksi (PTK) AIM 13 oleh seluruh kepala laboratorium di FILKOM.

Diharapkan dengan kegiatan upgrading GJM UJM tersebut dapat menjadi sarana perbaikan, peningkatan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan pengelola unit dalam proses kinerja dan manajemen dengan memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Sehingga kemudian dapat membantu dalam upaya pencapaian visi dan misi FILKOM. [dna]