Seminar Road to Gemastik 8

Seminar Road to Gemastik 8

Bertujuan untuk mensosialisasikan Gemastik 8, Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Tahun 2015 maka K-Risma (Kelompok Riset Mahasiswa), Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) mengadakan Seminar Road to Gemastik 8 pada Kamis (28/5). Bertempat di Ruang Auditorium Ir. Surjono Lt. 2 FT UB, acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa FILKOM, namun juga perwakilan mahasiswa dari berbagai fakultas di UB.
“Sengaja untuk tahun ini kita ingin mengadakan seluas-luasnya, supaya semua fakultas  di UB tahu dan bisa ikut serta. Jadi undangan memang kita kirimkan ke setiap fakultas, sementara di FILKOM sendiri kita undang perwakilan dari laboratorium-laboratorium,” jelas Anung Adi Nugroho (IF/2012) selaku ketua pelaksana kegiatan.

Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. yang hadir sebagai pemateri pertama menyampaikan informasi mengenai gambaran umum Gemastik 8 dan detail peraturan pada setiap kategori yang diperlombakan pada Gemastik 8. Disampaikan oleh Herman bahwa 9 (sembilan) kategori yang diperlombakan pada Gemastik tahun ini meliputi; (1) Pemrograman, (2) Pengembangan Aplikasi Permainan, (3) Pengembangan Perangkat Lunak, (4) Data Mining, (5) Keamanan Jaringan, (6) Animasi, (7) Piranti Cerdas dan Embedded System, (8) Desain User Experience dan (9) Pengembangan Bisnis TIK. Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah mahasiswa program diploma dan sarjana di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia, dengan membentuk kelompok yang beranggotakan maksimal 3 (tiga) mahasiswa dari perguruan tinggi yang sama.

Herman menyampaikan bahwa pemilihan anggota tim merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, selain berbagai detail aturan pada perlombaan. Pemilihan anggota disarankan dilakukan berdasarkan kemampuan mahasiswa dan bukan hanya karena unsur kedekatan personal.
“Anggota sebaiknya punya kemampuan yang berbeda. Misalkan satu orang ahli programmer, satu orang lagi ahli desain visual dan satu orang lagi punya kemampuan di bidang marketing atau presentasi,” jelas Herman.

Hal tersebut penting karena kemenangan tim tidak hanya ditentukan dari hasil karyanya saja, tetapi juga cara kelompok tersebut dapat menyampaikan berbagai nilai lebih dan kegunaan karyanya kepada para juri. Komunikasi dan cara penyampaian yang kurang baik dapat mengakibatkan terjadinya perbedaan persepsi dan perbedaan pemahaman.

Selain itu pada kesempatan tersebut, pihak panitia juga menghadirkan tim Agta yang merupakan tim pemenang medali emas pada kategori game di Gemastik 6 Tahun 2013. Mereka adalah Hanas Subakti, Ika Kusumaning Putri dan Dwi Hardyanto. Sebagai pemateri kedua mereka berkesempatan untuk berbagi tips dan trik sukses di Gemastik. Mulai dari tahap pencarian ide hingga proses produksi karya.
“Untuk yang ikut kategori Pemrograman dan Keamanan Jaringan sebaiknya banyak latihan mengerjakan soal. Banyak soal tahun sebelumnya yang bisa dicari di google. Saat latihan perhatikan waktu eksekusi dan efisiensinya. Tidak perlu terburu-buru tapi harus tetap tepat waktu,” pesan Ika.

Harapannya dengan seminar ini akan semakin banyak perwakilan UB yang ikut serta dlam Gemastik 8 mendatang. Untuk diketahui, Gemastik merupakan program tahunan DIKTI sebagai upaya memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Pendaftaran Gemastik 8 dapat dilakukan hingga 30 Juni 2015. Informasi lebih lanjut tentang Gemastik dan pendaftaran online dapat diakses di gemastik.ugm.ac.id. [dna]