Mahasiswa FILKOM Menerima Youth-led Grant Award dari UNESCO

Mahasiswa FILKOM Menerima Youth-led Grant Award dari UNESCO

Rizky Ashar Murdiono (IF/2010) dan Husin Muhamad (IF/2013), mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) berkesempatan untuk menerima Youth-led Grant Award (Penghargaan Hibah Kepemudaan) dari UNESCO di Jakarta (25-26/3). Prestasi yang diperoleh sebagai hasil dari keterlibatan mereka dalam pengembangan partisipasi generasi muda di media melalui komunitas aliansi keragaman pemuda (community of youth diversity alliance).

Setelah mengikuti Asia-Pacific Youth Training on Media and Civic Participation yang diselenggarakan oleh UNESCO pada Agustus 2014 lalu, Rizky menyadari bahwa generasi muda dan media memiliki peran penting dalam mempromosikan partisipasi masyarakat, demokrasi dan pembangunan serta memfasilitasi dialog antarbudaya serta membangun budaya perdamaian. Karena alasan itulah, kemudian Rizky dan Husin berinisiatif untuk membuat aliansi keragaman pemuda (Youthversity). Rizky sebagai founder dan Husin sebagai co-founder dari Youthversity menjelaskan bahwa Youthversity adalah komunitas beranggotakan generasi muda berusia 15-25 tahun dari berbagai latar belakang, antara lain penyandang cacat, anggota komunitas LGBTQI, pengidap HIV, kelompok antar-agama dan berbagai komunitas lainnya. Dalam setiap kegiatan, Rizky dan Husin di Youthversity selalu melibatkan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dari berbagai komunitas dengan tujuan menciptakan sebuah gerakan besar. Mereka melakukan dialog dengan masyarakat tentang isu-isu sosial sebagai bagian dari kegiatan rutin. Keduanya juga terinspirasi untuk menggunakan media sebagai inovasi baru dalam penyebarluasan isu sosial yang akan dibahas.
“Salah satu proyek kami yang telah dikonsep adalah untuk membuat program radio internet, portal berita dan aplikasi sosial yang disebut Yours Radio,” jelas Rizky.

Rizky dan Husin berencana membuat website dan aplikasi mobile radio streaming untuk kaum muda yang programnya berfokus pada pembahasan isu-isu sosial dan gerakan anak muda di Indonesia dan Asia-Pasifik. Dengan menggunakan aplikasi mobile dan website yang terintegrasi dengan radio streaming, kedua mahasiswa ini ingin membuat suatu dialog antara pendengar dan penyiar melalui program pendidikan dan hiburan. Mereka juga merencanakan program radio mingguan yang akan membahas tentang teknologi, pendidikan, kesetaraan gender, inklusif, kebebasan berekspresi dan lain sebagainya. Yours Radio juga memberikan update tentang hal – hal yang banyak diminati kaum muda seperti musik, gaya hidup dan film. Target pendengar dari Yours Radio adalah orang-orang dengan usia berkisar 15-30 tahun.
“Kami di Yours Radio sekarang membuka kesempatan bagi calon pemimpin muda dan programmer untuk terlibat dalam program ini. Kami dengan senang hati menyambut developer muda yang ingin menggunakan kemampuannya untuk kegiatan sosial. Bagi yang berminat dapat menghubungi saya di 08995287654,” pesan Rizky. [eky/dna]