Jasa Pemasaran Online dengan Teknik SEO sebagai Solusi Hadapi AFTA 2015

Jasa Pemasaran Online dengan Teknik SEO sebagai Solusi Hadapi AFTA 2015

Saat ini jumlah pengguna internet dunia sangat tinggi, tidak terkecuali dengan Indonesia. Di Indonesia sendiri saat ini pengguna internet telah mencapai 88 juta orang. Banyaknya jumlah pengguna internet tersebut menjadi peluang tersendiri bagi pengusaha bisnis online. Meski demikian persaingan yang ketat antar pelaku bisnis online mengharuskan adanya strategi tersendiri untuk memenangkan persaingan. Memahami isu tersebut empat mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berinisiatif menciptakan jasa pemasaran online berskala internasional dengan menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO). Mereka adalah Risnasari (Sistem Informasi/2012), Sutrisno (Informatika/2014), Adhitira Febrieztha Ramadhan (Sistem Informasi/2014 ) dan Mochammad Alfadz Gemasabil (Ilmu Kelautan/ 2013) dengan dosen pembimbing Himawat Aryadita, S.T, M.Sc.

Risnasari mengungkapkan bahwa dengan menggunakan teknik SEO maka produk yang bersangkutan akan muncul di urutan teratas Search Engine Result Page (SERP). Dengan demikian, akan meningkatkan kemungkinan produk untuk lebih mudah terjual ke berbagai penjuru dunia. Selain itu jasa pemasaran online dengan teknik SEO milik Risnasari dan timnya ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu (1) bergaransi, (2) paket harga fleksibel sesuai kebutuhan, (3) pengerjaan yang aman dengan menggunakan SEO White Hat dan (4) Eksklusif.
“Kami memberikan garansi bahwa produk yang kami pasarkan melalui SEO akan ada pada halaman pertama mesin pencari dalam jangka waktu tertentu yang disepakati. Kami hanya mengerjakan satu produk dari konsumen dengan jenis produk yang sama dan atau dari wilayah yang sama. Ini kami terapkan untuk menjaga kredibilitas usaha dan meningkatkan kepercayaan konsumen,” jelas Risnasari.

Risna mengaku usaha jasa pemasaran onlinenya ini telah dimulai sejak November 2014 lalu. Bahkan telah diujicobakan pada 22 klien dari berbagai macam usaha di Indonesia, antara lain (1) www.nahwa.co.id yang bergerak di bidang tour and travel dengan keyword Rental Mobil Malang, Sewa Mobil Malang, (2) www.dealersuzukimalang.com yang bergerak di bidang penjualan mobil suzuki dengan keyword Suzuki Malang dan (3) www.garooskin.com yang bergerak di bidang retail dengan kata kunci garskin laptop. Jumlah 22 klien tersebut telah melebihi target awal yang ditetapkan sejumlah 15 klien. Bahkan diungkapkan oleh Risnasari bahwa jasa pemasaran onlinenya tersebut mendapat tanggapan yang sangat baik dari masyarakat dan perkembangannya sangat menjanjikan.
“Progressnya sangat menjanjikan hingga saat ini, dimana kami sudah sering menolak permintaan dari calon konsumen untuk memasarkan usahanya,” ungkap Risnasari.

Ide bisnis yang diajukan di PKMK 2014 ini telah mendapatkan pendanaan dari DIKTI dan undangan untuk mengikuti PIMNAS 28 di Kendari pada 5-10 Oktober 2015. Karenanya Risnasari dan tim sangat mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh keluarga besar FILKOM dan UB agar karyanya dapat mengharumkan nama FILKOM dan UB di PIMNAS 28.
“Bisnis akan lambat berkembang jika hanya mengurung diri dan tidak mau belajar dari orang lain. Beberapa tips untuk keberhasilan sebuah bisnis adalah mau berkumpul dengan komunitas, selalu belajar dengan yang lebih ahli, memutuskan dengan intelektual, menguasai cashflow dan yang paling penting adalah menguasai pemasaran,” pesan Risnasari yang diakuinya dikutip dari 4 displin sukses Indonesian Islamic Bussiness Forum (IIBF). [dna]