Angkatan Perdana Android Weekend Camp 2015

Angkatan Perdana Android Weekend Camp 2015

Seiring dengan pesatnya penetrasi ponsel pintar (smartphone) memicu berbagai entitas mengembangkan beragam layanan agar mudah diakses melalui ponsel pintar. Di sisi lain tercipta pula peluang bagi para pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat bergerak. Android telah menjadi sistem operasi perangkat bergerak yang paling populer pada dasawarsa terakhir ini. Sifatnya yang terbuka (open-source) memberikan kemudahan bagi para pengembang untuk mengkreasi berbagai aplikasi. 

Dalam rangka mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pemrograman aplikasi perangkat bergerak berbasis Android, Lab. Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak FILKOM UB mengadakan Android Weekend Camp. Pelatihan ini merupakan pelatihan praktis yang akan mengupas dasar-dasar tentang pengembangan aplikasi Android. Mulai dari pengenalan Android, eksplorasi Andoid SDK, hingga memaksimalkan aplikasi dengan fitur sosial. Selain itu, peserta juga akan dibekali pemahaman tentang kustomisasi aplikasi untuk handsets dan ukuran layar yang berbeda-beda. 

Sesuai namanya, Android Weekend Camp 2015 diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Angkatan perdana berjumlah 18 orang yang dibagi kedalam dua kelas. “Untuk saat ini kami baru membuka pelatihan untuk tingkat basic. Kami sedang mempersiapkan pelatihan lanjutan untuk tingkat advanced,” jelas Mahardeka Tri Ananta , S.Kom., M.T., M.Sc. selaku koordinator pelatihan.

“Dikemudian hari, kami berencana mengembangkan pelatihan berbasis platform lain, seperti iOS dan Windows Phone Selain ini kami harap dapat menyediakan pelatihan semacam ini bukan hanya untuk kalangan mahasiswa FILKOM, namun juga keseluruhan warga UB bahkan masyarakat umum,” ujar kepala Laboratorium, Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT.

Tertarik? Nantikan update selanjutnya.