Open Talk Informatika Semester Genap 2014/2015 – Ketetuan Skripsi di Laboratorium FILKOM

Open Talk Informatika Semester Genap 2014/2015 – Ketetuan Skripsi di Laboratorium FILKOM

Program Studi Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan open talk pada 20 Februari 2015 lalu, bertempat di ruang E2.9 Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK). Open talk pada kesempatan tersebut difokuskan bagi mahasiswa angkatan 2011 atau yang sedang dalam proses skripsi. Diharapkan dengan kegiatan tersebut mahasiswa yang sedang dan akan segera menempuh skripsi dapat memahami aturan dan ketentuan yang berlaku di FILKOM.

Dibuka dengan penjelasan mengenai prosedur umum pelaksanaan Skripsi, kegiatan open talk tersebut kemudian dilanjutkan dengan paparan dari beberapa ketua laboratorium penelitian di FILKOM. Mendapatkan kesempatan pertama, Eko Sakti P., S.Kom, M.Kom selaku Kepala Laboratorium Jaringan Komputer (Jarkom) menyampaikan bahwa di laboratorium yang dipimpinnya tersebut diberlakukan lab. Meeting yang bertujuan membantu kemajuan skripsi mahasiswa.
“Di lab. Meeting Jarkom bahkan pernah ada yang meminta saran judul skripsi. Itu diperbolehkan. Jadwal pelaksanaannya nanti kalian bisa mengajukan dulu ke laboran. Nanti laboran yang akan mengatur dan menyesuaikan dengan dosen-dosen berkaitan,” ungkap Eko.

Sementara itu Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T, Kepala Laboratorium Mobile mengungkapkan bahwa akan ada proses berbeda yang diterapkan di laboratoriumnya. Pada semester ini lab. Mobile akan menggelar kegiatan share topik skripsi yang akan diselenggarakan pada 6 Maret 2015 mendatang. Jika mahasiswa peminat topik skripsi yang ditawarkan ternyata sangat banyak, maka akan dilakukan proses seleksi untuk menentukan mahasiswa yang berhak atas topik skripsi tersebut. Mahasiswa terpilih ditargetkan untuk dapat menyelesaikan skripsinya dalam 6 bulan. Bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsinya pada jangka waktu tersebut wajib untuk mengganti topik skripsinya.
“Karena kita targetkan enam bulan harus selesai, maka konsekuensinya mahasiswa terpilih wajib untuk mengikuti weekly meeting yang kemungkinan akan diselenggarakan setiap satu atau dua minggu sekali. Pada weekly meeting itu mahasiswa wajib untuk melakukan presentasi progress pengerjaan skripsinya,” jelas Herman.  

Dari Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang diketuai oleh Denny Sagita R., S.Kom, M.Kom diinformasikan bahwa skripsi yang akan dikerjakan di lab. RPL harus memiliki keunikan.
“Setidaknya harus ada satu dari tiga keunikan di skripsi kalian. Keunikan itu bisa pada pemilihan teknologinya, algoritma atau metode yang digunakan atau pada penerapan fiturnya,” jelas Deni.

Sebagai penutup dijelaskan oleh Kepala Laboratorium Game, Eriq Muh. Adams Jonemaro, S.T, M.Kom, bahwa tema riset yang diangkat pada laboratorium yang dipimpinnya membahas mengenai teknologi media hiburan untuk hal yang serius seperti pendidikan, kesehatan, training dan riset. Dari tema besar tersebut terdapat beberapa sub riset yang dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai bahan skripsi yang akan dikerjakannya di lab. Game. Sub riset tersebut antara lain (1) mix reality, (2) game design dan gamification, (3) artificial intelligence dan (4) real-time rendering.
“Untuk project di Lab. Game saat ini ada generating driving simulator, military simulation, simulasi quadcopters untuk Unmanned Aerial Vehicle (UAV), smart traffic simulation, virtual reality simulation dan exercise game/sport games,” papar Eriq. [dna]