PK2MABA Perdana Program Magister Ilmu Komputer/Informatika

PK2MABA Perdana Program Magister Ilmu Komputer/Informatika

Melanjutkan kesuksesan Launching Program Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika yang diselenggarakan 14 Januari 2015 lalu, Program Magister Ilmu Komputer/Informatika telah resmi menerima 18 mahasiswa pertamanya. Seluruh mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer/Informatika tersebut disambut dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) yang diselenggarakan pada Jumat (20/2) di Ruang E1.8 Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK). Dibuka oleh Ir. Sutrisno M.T selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Prof.Dr.Drs. Abdul Hakim, M.S selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, PD I Bidang Akademik, Ir. Heru Nurwasito, M.Kom, PD III Bidang Kemahasiswaan Edy Santoso, S.Si., M.Kom dan Kepala Program Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D.

Dalam sambutannya Ir. Sutrisno menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh mahasiswa yang hadir karena telah mempercayakan studi lanjutnya pada Program Magister Ilmu Komputer/Informatika.
“PK2Maba ini telah kami rancang sedemikian rupa untuk dapat mempersiapkan mahasiswa baru agar dapat lebih baik dalam menjalankan aktivitas perkuliahannya dengan lebih baik dan mencapai prestasi yang terbaik sebagai mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer/Informatika,” ungkap Ir. Sutrisno.

Sementara itu Prof. Abdul Hakim juga berpesan pada mahasiswa yang hadir agar dapat memanfaatkan masa studinya dengan baik. Diharapkan lulusan Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB dapat menghasilkan thesis berupa perangkat lunak yang berguna untuk kalangan industri, pemerintahan maupun pedagang kecil.
“Selama ini kita masih menjadi konsumen software yang dijual oleh bangsa lain. Harapannya nanti karya penelitian dari lulusan program ini tidak hanya berguna bagi pengembangan ilmu komputer saja, tapi juga bagi perkembangan industri di Indonesia. Sampai kapan kita akan bergantung dengan software buatan bangsa lain?” tutur Prof. Abdul Hakim.

Pada seleksi masuk angkatan pertama Program Magister Ilmu Komputer/Informatika tersebut, tercatat 28 orang peminat yang melakukan pendaftaran. Dimana 5 pelamar diantaranya adalah mahasiswa asing. Meski demikian diungkapkan oleh Tri Astoto bahwa pada semester ini Program Magister Ilmu Komputer/Informatika belum menerima mahasiswa asing dikarenakan masih fokus pada pengembangan infrastruktur.
“Rencananya pada semester depan baru akan dibuka kelas internasional. Tentu nantinya akan diterapkan pula perkuliahan dengan penggunaan bahasa internasional,” ungkapnya.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan PK2Maba Program Magister Ilmu Komputer/Informatika tersebut kemudian dilanjutkan dengan agenda psikotest, pemaparan tentang Program Magister Ilmu Komputer/Informatika, pengenalan 7 grup riset yang dapat digeluti oleh para mahasiswa selama studinya dan FILKOM tour untuk memperkenalkan sarana prasarana dan berbagai unit yang terdapat di FILKOM UB. [dna]