Persiapkan Mahasiswa Jelang Semester Genap 2014/2015 PS. Siskom Gelar Open Talk

Persiapkan Mahasiswa Jelang Semester Genap 2014/2015 PS. Siskom Gelar Open Talk

Untuk mempersiapkan mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki perkuliahan Semester Genap 2014/2015, Program Studi Sistem Komputer (PS. Siskom) menggelar open talk pada Selasa (20/01). Bertempat di gedung E Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya (d/h PTIIK), acara tersebut digelar dalam dua sesi. Dimana sesi pertama dihadiri oleh perwakilan mahasiswa PS. Siskom angkatan 2012 dan 2013, sedangkan sesi kedua dihadiri oleh perwakilan mahasiswa PS. Siskom angkatan 2014.

Hadir pula pada kesempatan tersebut kepala dan sekretaris PS. Siskom beserta kepala laboratorium dan jajaran dosen PS. Siskom. Adharul Muttaqin, S.T, M.T selaku Kepala PS. Siskom mengungkapkan bahwa kegiatan open talk ini adalah kegiatan rutin yang sengaja dilakukan di akhir semester untuk memberikan panduan pada mahasiswa dalam mempersiapkan perkuliahannya di semester mendatang. Selain itu Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T, M.Eng sebagai Sekretaris PS. Siskom menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kedekatan antara tenaga pengajar, bag. Administrasi pengajaran dengan mahasiswa. Dengan kedekatan tersebut diharapkan dapat membantu menciptakan suasana perkuliahan yang lebih baik.

Acara dibuka dengan penjelasan Sabriansyah mengenai berbagai macam mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap TA. 2014/2015 sesuai dengan angkatan masing-masing.Kemudian mahasiswa yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya. Pada sesi I mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 lebih banyak membahas tentang teknis proses pemilihan mata kuliah, pelaksanaan KKN dan aturan Skripsi ataupun Yudisium. Menjawab pertanyaan mahasiswa yang hadir, Adharul mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat memprogram KKN setelah menempuh 90 SKS mata kuliah terlebih dahulu. Untuk pemrograman KKN tersebut mahasiswa juga harus terlebih dahulu mengetahui perusahaan atau institusi yang dituju, untuk kemudian dibuatkan surat resmi oleh fakultas. Selanjutnya mahasiswa juga wajib membuat laporan hasil KKN dengan bimbingan dosen PA.
“Sebaiknya KKN ini memang dilakukan pada waktu liburan. Jika memang mau menggunakan waktu kuliah tetap diperbolehkan, namun tentu saja akan banyak kerugiannya yaitu mengundur waktu kuliah,” jelas Adharul.

 Sementara itu pada sesi kedua bersama mahasiswa angkatan 2014 beberapa hal yang sempat dibahas adalah paket mata kuliah yang akan ditempuh mahasiswa angkatan 2014 pada semester genap TA. 2014/2015, ketentuan pengambilan semester pendek serta prosedur untuk menjadi asisten laboratorium atau mata kuliah pada PS. Siskom. Dijelaskan oleh Adharul bahwa pada semester keduanya nanti mahasiswa PS. Siskom akan menempuh mata kuliah Algoritma & Struktur Data (ASD), Sistem Digital, Probabilitas dan Statistika, Matematika Komputasi Lanjut serta Bahasa Inggris. Pada ASD secara umum mahasiswa akan mempelajari pemrograman dengan menggunakan bahasa C++. Mata kuliah Sistem Digital merupakan kelanjutan dari materi logika pada matematika komputasi. Pada mata kuliah Probabilitas dan Statistika mahasiswa akan mempelajari peluang dan penghitungan mean, median dan modus.
“Sementara untuk mata kuliah Matematika Komputasi Lanjutan yang akan dipelajari antara lain kalkulus, aljabar linier, dan graf,” papar Adharul. [dna]