Launching Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB

Launching Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB

Dilatarbelakangi harapan untuk dapat berperan serta dalam meningkatkan kualitas keilmuan bidang Teknologi Informasi (TI) di Indonesia, maka Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya kini telah membuka Program Studi Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika. Launching program tersebut dikemas dalam one day event bertajuk “UB IT Solution Innovation Gathering 2015” di Samantha Krida (14/1). Tri Astoto Kurniawan, ST., MT. Ph.D., selaku Kepala Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika UB mengungkapkan bahwa selain untuk melakukan launching program magister, acara tersebut juga memiliki beberapa tujuan penting lainnya. Diantaranya untuk mempublikasikan kepada civitas akademika di PTIIK serta perwakilan pemerintah daerah dan industri yang hadir, bahwa saat ini PTIIK telah resmi menjadi sebuah Fakultas dengan nama Fakultas Ilmu Komputer atau disingkat FILKOM. Selain itu, acara ini juga dirancang untuk dapat menjadi wadah berbagi ilmu dan sebagai tempat bertemunya akademisi, peneliti serta industri untuk kemudian dapat melakukan penjajakan kerjasama di bidang penelitian secara lebih lanjut.
“Pada acara ini ada empat agenda kegiatan yang kita angkat. Pertama guest lecture dengan menghadirkan pakar di bidang Informasi Geospasial, kedua launching sekaligus peresmian Program Magister Ilmu Komputer/Informatika oleh Rektor UB, ketiga CEO Talks yang menghadirkan 4 CEO dari perusahaan IT ternama Cisco, IBM, PT. AdIns dan British Intelligence Mining. Kemudian terakhir, ada juga research showcase yang menampilkan produk hasil penelitian laboratorium di FILKOM UB dan pameran produk dari perusahaan IT yang telah menjalin kerjasama dengan FILKOM UB,” jelas Tri Astoto.

Menurut Tri Astoto, tedapat empat bidang minat yang dapat dipilih oleh mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB, yaitu; (1) Sistem Cerdas, (2) Rekayasa Perangkat Lunak, (3) Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak, serta (4) Jaringan Berbasis Informasi. Berbagai bidang keminatan tersebut dapat diambil oleh mahasiswa pada semester kedua, setelah mendapatkan pengetahuan dasar pada semester pertama.
“Selain menjalani perkuliahan, mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM nantinya juga akan dibimbing untuk melakukan riset oleh sejumlah dosen berkualifikasi doktor lulusan dari berbagai perguruan tinggi bereputasi internasional,” ungkapnya.

Pendaftaran untuk Program Magister Ilmu Komputer/Informatika dibuka sejak 8 Januari 2015 lalu hingga 30 Januari 2015. Secara umum Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB terbuka bagi para lulusan sarjana dengan berbagai latar belakang ilmu. Selama calon pendaftar memenuhi persyaratan yang ditentukan dan lulus ujian seleksi yang terdiri atas tes bidang dan wawancara, maka pendaftar dapat mengikuti perkuliahan magister ini. Informasi lebih lanjut mengenai Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB dapat diakses pada ptiik.ub.ac.id atau dapat langsung menghubungi via email ke magister.ilkom@ub.ac.id. [dna/pic: hnf]