Kunjungan University of Miyazaki

Kunjungan University of Miyazaki

Tiga orang perwakilan University of Miyazaki Jepang melakukan kunjungan ke Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya pada Rabu (12/3). Mereka adalah Prof. Dr. Chikasi Deguchi (Vice Director International Education Center, Fac. of Engineering, University of Miyazaki), Tetsuro Katayama, Dr. Eng. (Associate Professor Department of Computer Science and System Engineering , Fac. of Engineering, University of Miyazaki) dan Sugimoto Naoya (salah satu mahasiswa di Department of Civil and Environmental Engineering, University of Miyazaki).

Eko Setiawan, S.T., M.T., tenaga pengajar PTIIK UB yang merupakan lulusan S2 Electrical and Electronic Engineering di University of Miyazaki mengatakan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah untuk dapat mengenal dan mengetahui PTIIK UB lebih jauh.
“Untuk melakukan survey fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di program juga. Bila memungkinkan kedepannya akan diadakan kerjasama double degree,” jelas Eko.

Pada kesempatan tersebut perwakilan dari University of Miyazaki diberikan kesempatan untuk berkeliling PTIIK UB, mulai dari melihat ruang kelas tempat proses belajar mengajar berlangsung, berbagai laboratorium yang tersedia dan berbagai ruang unit kerja yang ada di PTIIK UB. Hasil kunjungan tersebut kemudian akan dibawa untuk didiskusikan dengan pimpinan University of Miyazaki mengenai kemungkinan kerjasamanya dikemudian hari.

Seperti diketahui, sejak tahun 2006 lalu UB telah merintis program Double Degree dengan menggandeng 18 universitas dari berbagai negara antara lain; Jepang, Thailand, Taiwan dan Amerika Serikat. Untuk kerjasama dengan University of Miyazaki di bidang teknik, hingga saat ini baru dilakukan dengan S2 jurusan Teknik Elektro dan Teknik Sipil FT UB. Pada program double degree tersebut, peserta program diberikan kesempatan untuk menjalani perkuliahan di UB dan University of Miyazaki, masing-masing selama satu tahun.

Diharapkan kunjungan dari University of Miyazaki tersebut merupakan awal dari kerjasama yang baik antara Department of Computer Science and System Engineering, University of Miyazaki dengan PTIIK UB, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar khususnya bagi mahasiswa kedua belah pihak. [dna]