Visitasi Akreditasi PS. Sistem Informasi PTIIK

Visitasi Akreditasi PS. Sistem Informasi PTIIK

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menerima kunjungan tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam rangka peninjauan terkait pengajuan Akreditasi Program Studi Sistem Informasi PTIIK. Hadir pada kesempatan tersebut sebagai tim asesor Dr. Techn. Ahmad Ashari, M.Kom. (UGM Yogyakarta) dan Dr. Ir. Agus Buwono, M.Si., M.Kom. (IPB Bogor). Visitasi tersebut berlangsung selama dua hari pada 6 – 7 Agustus 2014.

visitasi akreditasi BAN PTRekyan Regasari Mardi Putri, ST., MT., Ketua Gugus Jamin Mutu (GJM) PTIIK sekaligus salah satu anggota tim persiapan akreditasi PS. Sistem Informasi mengungkapkan bahwa dalam visitasi tersebut asesor melakukan pemeriksaan baik pada unit penyelenggara (PTIIK) maupun pada prodi. Adapun bidang pemeriksaan meliputi; (1) visi dan misi, (2) tata pamong, (3) kemahasiswaan, (4) SDM (dosen dan karyawan), (5) akademik dan kurikulum, (6) keuangan, sarana, prasarana, (7) Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama. Proses pemeriksaan berjalan dengan baik.
“Secara garis besar pemeriksaan tidak ada permasalahan krusial baik di PTIIK maupun pada prodi SI,” ungkap Rekyan.

Kunjungan ke ruang baca PTIIKMeski demikian masih terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus bagi PTIIK dan prodi yang ternaungi didalamnya, jika mengharapkan nilai akreditasi yang maksimal. Antara lain peningkatan SDM, baik secara kuantitas maupun kualitas. Peningkatan jumlah dosen dibutuhkan untuk memenuhi standar rasio jumlah tenaga pengajar dan mahasiswa di PTIIK.
“Selain itu perlu digalakkan juga studi lanjut bagi dosen, untuk peningkatan kualitas tenaga pengajar di PTIIK,” tambah Rekyan.

Dialog tim asesor dengan mahasiswa PTIIK PS. SIHasil akreditasi dari berbagai pemeriksaan administrasi dan visitasi oleh tim asesor tersebut kemudian akan dibawa ke kantor pusat BAN PT dan baru akan diumumkan maksimal tiga bulan mendatang. [dna/pic by edw]