Ghost Battle: Game Strategi Untuk Platform S40

Ghost Battle: Game Strategi Untuk Platform S40

Terus aktif berkarya, kini Raion Studio sebuah komunitas pengembang aplikasi dan game mobile di PTIIK UB kembali membuat sebuah game strategi untuk perangkat mobile dengan platform S40. Game tersebut mereka beri nama “Ghost Battle”. Sesuai namanya, Ghost Battle adalah game yang menggunakan karakter hantu sebagai karakter utamanya. Karena dibuat untuk diikutsertakan dalam Digital Creative Indonesia Competition (DCIC) 2013, maka karakter hantu lokal Indonesia yang ditonjolkan dalam game tersebut.
“Ghost Battle itu game tentang peperangan antara hantu Indonesia melawan hantu luar negeri. Idenya muncul begitu saja. Kita mikir buat mengangkat tema Indonesia, tapi bagian apanya bingung. Akhirnya sambil becanda-becanda muncul ide itu,” jelas Dwi Hardyanto salah satu anggota Raion Studio yang turut membuat Ghost Battle.

Ditampilkan dengan tampilan visual yang sederhana namun tetap menarik, game tersebut dirancang dengan cara bermain menyerupai tower defense game atau castle defense game. Tugas player harus mengalahkan pasukan hantu lawan dan menghancurkan bentengnya. Disini kemampuan player dalam mengatur strategi akan diuji. Player harus mampu memilih dan menentukan jenis pasukan hantu apa saja yang akan dikeluarkan. Pasukan hantu yang dapat pilih oleh player antara lain; tuyul, suster ngesot, pocong, kunti dan hantu jeruk purut. Untuk dapat mengeluarkan pasukan hantu, player harus menukarnya dengan sejumlah poin “fear” tertentu. Setiap pasukan hantu memiliki ketentuan jumlah poin “fear” masing-masing. Setiap pasukan hantu memiliki kekurangan serta kelebihan tersendiri. Semakin hebat pasukan hantu, semakin besar poin fear yang harus dihabiskan untuk memilihnya.

Hingga saat ini ada total 10 stage/ level  pada game Ghost Battle. Akan tetapi rencananya Ghost Battle akan terus dikembangkan hingga total stage mencapai 50. Menariknya, pada pergantian stage player dapat menemukan karakter hantu baru yang dapat dimainkan. Selain itu, Ghost Battle semakin menantang bagi player karena semakin tinggi stage maka musuh yang harus ditaklukkan juga semakin kuat.
“Untuk pengembangannya sudah mulai dikonsep dari sekarang, termasuk ada tambahan-tambahan fitur,” tambah Dwi.

Ghost Battle yang telah dirancang sedemikian rupa oleh tim Raion berhasil terpilih sebagai salah satu karya yang masuk ke tahap 20 besar di kategori aplikasi mobile paling Indonesia DCIC 2014. Dari 20 besar tersebut akan dipilih Top 5 aplikasi terbaik untuk mendapatkan berbagai reward dari Telkomsel antara lain; beasiswa senilai puluhan juta rupiah, special promotion dan kontrak kerjasama dengan Telkomsel . Selain itu, akan dipilih juga 1 (satu) aplikasi terfavorit dengan hasil vote terbanyak dari public untuk kemudian juga akan berhak mendapatkan beasiswa senilai jutaan rupiah. Pemenang terpilih akan diumumkan pada bulan April 2014 mendatang. Vote karya dapat terus dilakukan hingga jadwal pengumuman tersebut. [dna/pic by Raion Studio]

*Aplikasi Ghost Battle dapat didownload free di NokiaStore (http://store.ovi.com/content/388653)
** Untuk vote Ghost Battle sebagai aplikasi mobile favoritmu di DCIC 2014 dapat mengakses link berikut ini: http://palingindonesia.com/dci/applications/details/37

Berikut nama-nama anggota tim yang terlibat dalam pembuatan Ghost Battle:

  1. Hanas Subakti  (IF/2009)  – Project Manager, Programmer
  2. Dwi Hardyanto (IF/2011) – Programmer
  3. Fendy Gusta P (IF/2011) – Art Designer
  4. Nabilah Ulfah Aulia (SI/2012) – Art Designer
  5. Anas Rachmadi P (IF/2011) – Game Designer
  6. Theo Allen (IF/2012) – Music Composer
  7. Rhino Adi (DKV-UM/2010) – Art Designer