Sarjana Ilmu Komputer Termasuk Gelar Sarjana Paling Diminati

Sarjana Ilmu Komputer Termasuk Gelar Sarjana Paling Diminati

Lulus Kuliah denga nilai terbaik dan menyandang gelar sarjana merupakan impian semua mahasiswa. Gelar sarjana yang disandang itu tidak sekadar simbol keberhasilan pendidikan tinggi, tetapi juga kesempatan untuk meraih masa depan yang gemilang.

Berkaitan dengan Hari Sarjana Nasional yang jatuh pada 29 September lalu, Litbang KORAN SINDO melakukan jajak pendapat untuk mengetahui gelar sarjana yang paling diincar oleh anak muda Indonesia saat ini. Penelitian dilakukan mulai tanggal 27 Agustus hingga 10 September 2014. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara via telepon pada 400 responden yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Makassar, Manado dan Medan.

Dari penelitian tersebut diperoleh 10 Gelar Sarjana Paling Diminati di Indonesia, sebagai berikut:

  1. Sarjana Ekonomi (32.5 %)
    Merupakan salah satu gelar yang paling diburu karena memiliki prospek yang menjanjikan di dunia kerja. Gaji yang diperoleh relatif tinggi, peluang kerjanya juga cukup luas. Berbagai pilihan bidang karier bisa dijalankan bagi penyandang gelar sarjana ekonomi, semisal bidang pemasaran, perbankan, maupun bidang jasa perdagangan. Yang menarik, banyak juga penyandang gelar SE yang kemudian memanfaatkan ilmunya untuk membuka usaha sendiri.
  2. Sarjana Ilmu Komputer (13.9%)
    Cepat mendapatkan pekerjaan dan bergaji di atas rata-rata merupakan salah satu pertimbangan sebagian orang untuk mengejar gelar sebagai sarjana ilmu komputer. Terlebih saat ini perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Perusahaan berlomba-lomba untuk memperkuat divisi teknologi informasinya dengan merekrut tenaga andal. Berbagai profesi yang ditawarkan di antaranya adalah analis komputer, software engineer, web developer, serta networking engineer.
  3. Sarjana Kedokteran (12.2%)
    Proses untuk meraih gelar sarjana kedokteran tidak mudah. Selain dibutuhkan kecerdasan dan tingkat ketekunan tinggi, biaya yang harus dikeluarkan juga cukup banyak. Di Indonesia profesi dokter merupakan pekerjaan yang terhormat dan dikenal sebagai profesi berpenghasilan tinggi. Itulah yang melatarbelakangi sebagian responden untuk mengejar gelar tersebut. Profesi sebagai dokter juga tidak selalu hanya berkutat di rumah sakit, tapi dapat juga membuka praktik pribadi di rumah atau klinik.
  4. Sarjana Teknik (12.2%)
    Di bidang sains, selain kedokteran dan ilmu komputer, sarjana teknik juga menjadi salah satu gelar yang banyak diincar anak muda. Gelar sarjana teknik atau disingkat dengan ST akan disandang oleh mereka yang berasal dari jurusan teknik mesin, sipil, arsitektur, elektronika, listrik serta industri. Dari segi karier peluang lulusan teknik untuk mendapatkan pekerjaan sangat besar. Banyak perusahaan yang mengincar lulusannya seperti dari sektor industri manufaktur serta pertambangan. Rata-rata menawarkan peluang pekerjaan dengan penghasilan cukup tinggi.
  5. Sarjana Hukum (10.8%)
    Lulusan ilmu hukum dibutuhkan oleh berbagai instansi baik pemerintah atau swasta. Profesi yang ditawarkan di antaranya adalah legal officer,  advokat, hakim, serta jaksa. Penyandang gelar sarjana hukum biasanya memanfaatkan peluang untuk dapat membuka kantor sendiri seperti kantor pengacara serta notaris. Bagi mereka yang tertarik dengan dunia akademisi, pilihan sebagai dosen ilmu hukum juga cukup menantang.
  6. Sarjana Ilmu Pendidikan (3.7%)
    Indonesia memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar. Sayangnya, tenaga pendidik yang tersedia saat ini belum mampu mengakomodasi kebutuhan ideal dari populasi tadi. Ingin turut ambil bagian dalam mencetak generasi penerus bangsa menjadi alasan responden untuk menyandang gelar sarjana pendidikan. Meski demikian, tidak semua lulusan sarjana pendidikan berminat untuk menjadi guru. Banyak di antara mereka yang berminat pula untuk menekuni profesi lain.
  7. Sarjana Ilmu Sosial (3.1%)
    Penyandang gelar sarjana sosial akan berhadapan dengan banyak pilihan karier karena cakupannya yang sangat luas. Beberapa pilihan studi yang menghasilkan gelar sarjana sosial di antaranya sosiologi, komunikasi, antropologi, ilmu politik, serta hubungan internasional. Banyak lulusan ilmu sosial yang terjun dalam bidang politik, jurnalistik dan menjadi public relation perusahaan perusahaan besar.
  8. Sarjana Matematika dan IPA (2%)
    Meski terasa sulit, faktanya gelar sarjana Matematika dan IPA cukup diminati oleh sebagian responden. Untuk memperoleh gelar ini memang tidak mudah. Mahasiswa harus berhadapan dengan sejumlah mata kuliah eksakta seperti statistika, kimia, fisika, biologi serta matematika. Lulusan dari fakultas MIPA banyak yang bekerja di bidang penelitian. Ada juga yang berkiprah di bidang lain, seperti industri manufaktur, pendidikan serta industri perminyakan dan tambang. Gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi.
  9. Sarjana Psikologi (2%)
    Gelar sarjana psikologi diminati karena banyak orang tertarik untuk mempelajari perilaku dan proses mental individu. Ke depannya, gelar ini juga membuka banyak peluang untuk menggeluti aneka profesi seperti di bagian human resources development (HRD), konsultan atau psikiater. Bagi lulusan yang sudah mengambil kuliah magister profesi, bisa juga membuka langsung tempat praktik sebagai psikolog.
  10. Sarjana Ilmu Budaya (1%)
    Peluang kerja bagi mereka yang menyandang gelar sarjana ilmu budaya juga cukup besar. Jurusan bahasa asing yang berada di bawah naungan fakultas ilmu budaya sangat menguntungkan bagi mereka yang menggelutinya, mengingat saat ini banyak perusahaan mengincar SDM dengan kemampuan bahasa asing yang baik. Tidak hanya kemampuan berbahasa, kemampuan soal budaya sebuah negara juga dibutuhkan. Sarjana ilmu budaya juga bisa mengembangkan ilmu yang didapatnya dengan menjadi tenaga pendidik.
  11. Lain – lain (6%)

*Sumber : Koran SINDO terbitan Kamis, 2 Oktober 2014