Kunjungan STMIK KHARISMA Makassar di PTIIK UB

Kunjungan STMIK KHARISMA Makassar di PTIIK UB

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) KHARISMA Makassar mengunjungi Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya pada Rabu (16/04). Sudirman, S.Kom., M.Si., Wakil Ketua Bidang Akademik STMIK KHARISMA Makassar yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kegiatan studi banding pertama yang dilakukan oleh SMIK KHARISMA Makassar sejak berdirinya tahun 2000 lalu. Tujuannya adalah melakukan studi banding untuk memperoleh referensi tentang bagaimana sistem pengelolaan bidang akademik di PTIIK UB.

Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., M.Eng. beserta Ismiarta Aknuranda, ST., M.Sc., Ph.D. sebagai perwakilan PTIIK, menyambut rombongan STMIK KHARISMA Makassar dan membuka perjumpaan dengan menyampaikan paparan singkat tentang PTIIK. Mulai dari sejarah berdirinya, jumlah mahasiswa dan pertambahannya setiap tahun, jumlah tenaga pengajar hingga berbagai program studi dan fasilitas yang tersedia di PTIIK UB. Hingga saat ini PTIIK telah memiliki delapan laboratorium yang terdiri atas; Lab. Komputer Dasar sebanyak tiga ruang yang digunakan untuk memberikan pembelajaran dasar tentang komputer kepada seluruh mahasiswa PTIIK. Sementara itu, tujuh laboratorium lainnya merupakan laboratorium riset yang dapat digunakan oleh mahasiswa saat melakukan penelitian, terdiri atas; Lab. Jaringan Komputer, Lab. Game, Lab. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Lab. Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV), Lab. Sistem Informasi, Lab. Sistem Komputer dan Robotika serta Lab. Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak (Mobile).

Tidak hanya itu, Perwakilan BEM PTIIK juga turut ambil bagian dalam memberikan penjelasan tentang struktur organisasi kemahasiswaan yang ada di PTIIK. Andi Mohammad Rizki, Presiden BEM PTIIK UB beserta perwakilan jajaran stafnya menjelaskan bahwa dalam struktur organisasi kemahasiswaan pada tingkat fakultas terdapat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang kedudukannya sejajar dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Dimana keduanya membawahi tiga himpunan dari program studi yang ada di PTIIK dan tujuh Lembaga Semi Otonom yang merupakan wadah bagi mahasiswa menyalurkan bakat dan hobbynya di luar perkuliahan.

Setelah penjelasan singkat yang ditutup dengan sesi tanya jawab, kemudian rombongan STMIK KHARISMA Makassar juga diberikan kesempatan untuk berkeliling PTIIK dan melihat berbagai sarana prasarana serta berbagai aktivitas kampus di PTIIK. [dna]