Kenalkan Calon Legislatif 2014 Lewat Website Kaya Fitur

Kenalkan Calon Legislatif 2014 Lewat Website Kaya Fitur

infocaleg-banner2-e1389599327603Tergerak untuk mensukseskan ajang Pemilihan Umum Legislatif yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 9 April 2014 mendatang, Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT., dosen sekaligus Kepala Laboratorium Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak (Lab. Mobile) Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya membuat sebuah website kaya fitur “InfoCaleg.org”. Keunggulan InfoCaleg.org dibanding website serupa, antara lain; akses yang lebih mudah bagi pengguna karena data caleg telah dikategorikan per daerah pemilihan dan dapat langsung diakses tanpa perlu mengunduh terlebih dulu, menyajikan hasil penelitian khusus sebagai pelengkap profil caleg, terkoneksi dengan media sosial, serta dapat diakses melalui Personal Computer maupun Mobile Device.
“Sebetulnya di website KPU sendiri sudah ada, tapi kelemahannya data profil caleg yang disajikan berupa PDF yang harus didownload terlebih dahulu baru dapat dibaca, sehingga relatif sulit dipelajari,” ujar Herman.

Selain itu pada InfoCaleg.org para pengguna juga akan mendapatkan tambahan informasi hasil penelitian khusus tentang pemberitaan para caleg yang pernah dipublikasikan di media massa. Hal ini dapat membantu masyarakat untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang caleg yang akan dipilihnya. Herman beserta timnya juga menambahkan fitur penilaian pada setiap profil caleg . Penilaian itu terdiri dari dua macam, yaitu penilaian kompetensi dan penilaian menurut masyarakat. Penilaian kompetensi dibuat berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman organisasi dan prestasi yang diraih. Sementara penilaian masyarakat adalah tingkat penilaian yang diberikan oleh para pengunjung atau pengguna website.

Website ini juga semakin menarik karena telah terkoneksi dengan media sosial Facebook dan Twitter, sehingga memungkinkan pengguna dapat berkomentar dan saling berbagi informasi melalui media sosial tersebut.
“Ini penting karena kebanyakan pemilih pemula yang masih berusia muda memilih untuk golput. Alasannya beragam mulai dari tidak mengenal para calegnya, sampai dikarenakan malas juga ada. Harapannya, jika ada sharing informasi di media sosial dapat menggugah keinginan para pemilih pemula untuk berpartisipasi di pemilu legislatif nanti,” jelasnya.

InfoCaleg.org yang dapat diakses melalui mobile web ini juga memungkinkan masyarakat dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun melalui perangkat mobilenya. Diharapkan dengan adanya website InfoCaleg.org tersebut masyarakat dapat lebih mengenal para caleg yang maju pada pemilu legislatif mendatang dan memilih caleg terbaik untuk Indonesia yang lebih baik. [dna]