Kunjungan SMKN 1 Simpang Empat Kalimantan Selatan

Kunjungan SMKN 1 Simpang Empat Kalimantan Selatan

Siswa siswi SMK Negeri 1 Simpang Empat, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya pada Kamis (2/1). Bersama dengan empat orang guru pendamping dan enam orang alumni, sekitar 24 orang siswa SMK Negeri 1 Simpang Empat jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) berkunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang berbagai hal berkaitan dengan perkuliahan di PTIIK.

Rombongan yang hadir disambut dengan baik oleh Adharul Muttaqin, ST., MT., selaku KaProdi Sistem Komputer dan Eko Sakti P., S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Lab. Jaringan Komputer. Sebagai pembuka Adharul memberikan informasi awal mengenai PTIIK, antara lain; struktur organisasi, peta pendidikan tenaga pengajar, berbagai laboratorium yang tersedia, layanan serta gambaran kompetensi lulusan PTIIK. Sementara itu, Eko Sakti menyampaikan tentang berbagai capaian prestasi mahasiswa PTIIK, penyelenggaraan sertifikasi serta berbagi informasi tentang berbagai jalur seleksi masuk dan beasiswa di UB.
“PTIIK selalu mensupport berbagai ide dan keinginan positif mahasiswa yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran, baik soft skill maupun hard skill. Jadi masa kuliah tidak hanya digunakan untuk belajar teori saja, tapi kalian juga akan diberi kesempatan untuk berorganisasi atau menyalurkan hobby dan ide positif kalian,” ujar Eko Sakti.

Setelah sesi pengarahan tersebut, para rombongan diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di PTIIK, antara lain lab. Komputer dan jaringan, Lab. Game dan Lab. Robot. Pada kesempatan itu rombongan siswa SMK Negeri 1 Simpang Empat juga dapat melihat secara langsung game dan robot buatan mahasiswa PTIIK.

M. Ali., S.Kom., dan Iskandar, Spd., guru pendamping rombongan SMK Negeri 1 Simpang Empat yang turut hadir pada kunjungan tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya yang besar atas peenrimaan dari pihak PTIIK yang cukup baik. Mereka berharap dengan kunjungan tersebut para siswanya dapat memiliki tambahan wawasan tentang perguruan tinggi dan semakin terpicu untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi.
“Harapannya juga kerjasama kita dengan PTIIK dalam hal berkaitan dengan kunjungan seperti ini dapat berlanjut pada tahun- tahun ke depan,” ungkap M. Ali. [dna]