Mahasiswa PTIIK Pelajari “BIG DATA” dari Blibli.com

Mahasiswa PTIIK Pelajari “BIG DATA” dari Blibli.com

Mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar tentang Big Data dari para profesional Blibli.com yang hadir pada kegiatan kuliah tamu Jumat (14/3). Untuk diketahui, Blibli.com adalah salah satu layanan e-commerce di tanah air yang diluncurkan oleh PT Global Digital Prima (GDP) tahun 2011 lalu. Sejak berdirinya hingga kini, Blibli.com telah berkembang cukup pesat bahkan berhasil meraih penghargaan Best e-Commerce versi majalah Gadget+ tahun 2012 lalu.

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai perwakilan Blibli.com; Ferry Sutanto selaku Head of Technology Blibli.com, Shandy Hidayat selaku IT Developer Lead Blibli.com dan Sandra Kumalasari selaku Head of Human Resources PT GDP. Ketiganya sengaja hadir untuk memberikan motivasi serta sharing ilmu pada seluruh mahasiswa PTIIK yang hadir. Sesi pertama dibuka dengan warming up yang dipandu oleh Sandra Kumalasari. Para peserta diajak untuk berdiri dan melakukan gerakan-gerakan kecil namun ampuh untuk meningkatkan semangat peserta dalam mengikuti rangkaian acara. Setelahnya, Sandra baru menyampaikan beberapa materi tentang GDP Venture Introduction dan the right attitude to develop to endorse success.

Menurut Sandra beberapa hal penting yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses adalah kemauan untuk belajar secara terus menerus, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki passion yang kuat serta kebanggaan akan apa yang ditekuninya.
“Sukses ada ditangan kalian masing-masing. Untuk dapat tumbuh dan berkembang jangan pernah berhenti belajar. Apalagi untuk ilmu IT yang terus berkembang. Selain itu passionate and proud atas pekerjaan kalian juga penting, terlebih bagi mereka yang punya minat untuk membangun usahanya sendiri,” jelas Sandra.

Pada sesi kedua giliran Ferry Sutanto yang memberikan sharing pengetahuannya tentang bagaimana perkembangan e-commerce di Indonesia dan peranan teknologi didalamnya. Sementara itu pada sesi terakhir Shandy Hidayat mendapat kesempatan untuk menyampaikan materi utama tentang Big Data.

Shandy menyampaikan bahwa data adalah harta yang sangat berharga karena dapat digunakan sebagai senjata ampuh untuk bertahan dan memenangkan kompetisi di dunia bisnis. Sementara, Big Data sendiri menurutnya adalah data dengan tiga karakteristik yang melekat yaitu velocity, volume dan variasi (3v). Dimana Big Data memilki karakteristik kecepatan pertumbuhan data yang tinggi (velocity), jumlah volume data yang besar dan data tersebut cenderung memiliki format yang tidak teratur atau bervariasi. Selain itu Shandy juga menjelaskan tentang pentingnya Big Data dan bagaimana implementasi Big Data Strategy pada berbagai bidang.
“Untuk menentukan Big Data strategy harus kembali melihat apa tujuan atau visi misi perusahaan tersebut. Misalkan tujuannya adalah peningkatan penjualan, maka kita akan mengumpulkan data-data yang berhubungan atau berpengaruh terhadap penjualan. Data tersebut kemudian akan diolah sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan terhadap pengambilan keputusan perusahaan,”  jelas Shandy.

Mahasiswa PTIIK yang hadir mengikuti setiap sesi dengan antusias. Akan tetapi karena keterbatasan waktu, para peserta tidak dapat melakukan sesi tanya jawab secara langsung. Sebagai gantinya, peserta dipersilahkan untuk dapat bertanya pada narasumber yang hadir melalui email. Pada akhir acara Sandra Kumalasari sebagai perwakilan para narasumber dengan senang hati membagikan kartu namanya pada para mahasiswa yang berminat untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut. [dna]