Mahasiswa Sistem Komputer Akan Dibekali Kemampuan Bahasa Jepang

Mahasiswa Sistem Komputer Akan Dibekali Kemampuan Bahasa Jepang

Mengingat perkembangan Teknologi Informasi (TI) Indonesia masih banyak berkiblat pada negara Jepang dan Jerman, maka Program Studi Sistem Komputer Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya akan membekali para mahasiswa dengan kemampuan Bahasa Jepang. Hal ini disampaikan oleh Adharul Muttaqin, ST., MT. selaku Kepala PS. Sistem Komputer pada kegiatan Open Talk yang dihadiri sekitar 50 orang perwakilan mahasiswa sistem komputer angkatan 2011, 2012 dan 2013, Jumat (17/01).

Adharul mengatakan bahwa mata kuliah bahasa Jepang ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang ditawarkan khusus bagi mahasiswa PS. sistem komputer angkatan 2011 pada semester genap TA. 2013/2014 mendatang. Diharapkan dengan adanya mata kuliah tersebut dapat membantu mahasiswa untuk dapat memahami dasar-dasar bahasa Jepang sebagai bekal mempelajari berbagai literatur pendukung yang banyak disajikan dalam bahasa Jepang.
“Untuk sementara mata kuliah bahasa Jepang ini pada semester depan hanya kami peruntukkan bagi angkatan 2011 dan hanya akan dibuka satu kelas. Bagi mahasiswa sistem komputer selain angkatan 2011 yang berminat, nanti akan kami berikan kesempatan sendiri di semester berikutnya,” jelas Adharul.

Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., M.Eng., Sekretaris PS. Sistem Komputer yang turut hadir pada kesempatan itu menjelaskan bahwa materi bahasa Jepang yang akan diberikan merupakan materi dasar yang dapat mempermudah mahasiswa dalam mempelajari bahasa Jepang lebih lanjut.
“Dengan mengambil mata kuliah ini bukan berarti setelahnya kalian akan langsung lancar berbahasa Jepang. Tapi materi yang diberikan akan membuat kalian paham bagaimana cara belajar bahasa Jepang yang benar dan efektif,” ujar Sabriansyah.

Untuk diketahui, sama seperti mata kuliah pilihan yang lain, mata kuliah bahasa Jepang ini memiliki bobot 3 sks. Dosen pengampu yang akan menjadi tenaga pengajar pada mata kuliah tersebut rencananya akan didatangkan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB.

Selain membahas mengenai mata kuliah bahasa Jepang sebagai mata kuliah pilihan baru, pada open talk tersebut Kaprodi, Sekprodi dan dosen PS. Sistem Komputer juga memberikan berbagai informasi terkait persiapan memasuki semester genap TA. 2013/2014. Antara lain; ketentuan KRS, prosedur pengajuan KKN dan himbauan untuk melakukan update data mahasiswa pada SIAM.
“Yang tidak kalah penting kami mohon bantuan untuk memeriksa kembali data diri kalian, khususnya nomor telepon yang dapat dihubungi. Harap data kontak tersebut diisi dengan benar. Seringkali kami mengalami kesulitan menghubungi mahasiswa atau orang tua bersangkutan karena data yang diisikan tidak valid,” ujar Adharul. [dna]