KRIMA PTIIK 2013: Menuju 300 PKM MABA

KRIMA PTIIK 2013: Menuju 300 PKM MABA

Krida Mahasiswa (Krima) PTIIK bagi mahasiswa baru yang diagendakan setiap hari Sabtu selama semester ganjil TA. 2013/2014, selalu dikonsep dengan matang oleh jajaran panitia. Pada setiap Krima panitia berfokus pada pengimplementasian nilai-nilai yang harus dimiliki oleh setiap Maba PTIIK, antara lain nilai intelektual akademik, nilai entrepeneur, nilai kekeluargaan, nilai etika, serta nilai religi.

Pada Krima Sabtu, 23 November 2013 lalu, acara dikonsep dengan lebih menekankan penerapan nilai intelektual akademik pada maba. Beberapa  mahasiswa lama PTIIK yang telah berpengalaman di bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dihadirkan sebagai pemateri, untuk menyampaikan berbagai informasi terkait PKM. Bertempat di gedung E PTIIK UB, sekitar 1180 mahasiswa peserta krima kali ini dibagi dalam dua shift. Dimana 60 orang maba mengikuti krima dengan jadwal pukul 08.00 – 12.00 WIB. Sementara sisanya mengikuti krima pada pukul 13.00 – 17.00 WIB.

Selain penyampaian materi, pada kesempatan itu maba juga diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi kelompok yang dilakukan dalam sesi Forum Group Discusion (FGD). Dalam sesi tersebut para pendamping mendorong maba untuk dapat menyampaikan kontribusi ide serta buah pikirannya tentang PKM. Hal tersebut diharapkan dapat memacu kreatifitas maba untuk terus berkreasi di dunia perkuliahan. Partisipasi maba sangat terasa dan ditunjukkan dengan antusiasmenya dalam menyimak materi yang disampaikan. Tidak segan juga sesekali para maba peserta krima menyampaikan pendapatnya dihadapan peserta lain dan para pendamping. 

Bahkan sempat ditemui setelah kegiatan krima, beberapa maba PTIIK mengaku senang dengan konsep krima yang telah dibuat. Beberapa saran untuk pelaksanaan krima yang lebih baik kedepannya juga disampaikan oleh para maba.
“Krima hari ini sangat teratur. Materi tentang PKM sangat membantu kami dalam berkreasi. Tapi sebagai masukan, barangkali lain kali untuk pemberitahuan tentang krima bisa diinfokan jauh-jauh hari dan tidak mendadak,” ujar salah seorang maba PS. Informatika PTIIK memberikan saran. [jeanni/rasita/dna/pic by:ilyas & renzi]