Workshop Roadmap Penelitian PTIIK

Workshop Roadmap Penelitian PTIIK

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) menggelar kegiatan Workshop Roadmap Penelitian di ruang Laboratorium Komputer Dasar (22–23/11). Pada kegiatan yang merupakan rangkaian Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK UB tersebut, dihadirkan tiga orang pemateri yang kompeten dalam bidang penelitian, khususnya bidang Teknologi Informasi (TI). Mereka adalah Prof. lr. Mauridhi Hery Purnomo, M.Eng., Ph.D. dan Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho, ST.MT. dari Jurusan Teknik Elektro ITS, serta Prof. Dr. lr. Siti Chuzaemi, M.S., Pjs. Ketua LPPM UB. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua PTIIK, Ir. Sutrisno MT. dan dihadiri oleh sekitar 40 orang dosen PTIIK.

Sebagai materi pembuka, Prof. lr. Mauridhi berbagi pengetahuannya tentang penelitian yang berkualitas dan tepat guna di bidang TI dalam mendukung penelitian unggulan UB. Menurutnya, untuk dapat menghasilkan suatu penelitian unggulan maka harus dimulai dengan niat yang baik terlebih dahulu.
“Jadi kalau niatannya untuk naik pangkat atau semacamnya, penelitian itu tidak akan menjadi penelitian unggulan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Selain itu disampaikan oleh Prof. lr. Mauridhi, seorang peneliti yang baik juga harus memahami dan menjalankan etika penelitian dan tidak melakukan berbagai hal yang bertentangan dengan etika tersebut. Misalkan, tidak melakukan plagiat, pencurian data ataupun pemalsuan bukti. Disarankan juga bagi para peneliti agar dapat memilih tempat publikasi hasil penelitian yang baik.
“Dari pengalaman saya menimba ilmu di Jepang, profesor saya mengajarkan sebuah cara yang cukup efektif untuk menilai apakah tempat publikasi penelitian itu baik atau tidak. Jadi cukup disengaja buat kesalahan pada rumusan dasar tertentu. Jika ternyata publikasi kita dengan kesalahan tersebut masih bisa diterima dan dipublikasikan tanpa diminta untuk merevisi, berarti tempat publikasi itu tidak baik,” ujar Prof. lr. Mauridhi berbagi pengalamannya.

Setelah pemberian materi dari Prof. Ir. Mauridhi, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Prof. Dr. lr. Siti Chuzaemi mengenai posisi TI dalam mendukung penelitian unggulan UB. Sesi pertama kemudian ditutup dengan tanya jawab. Setelah ISHOMA, acara pada hari pertama ini dilanjutkan pada sesi diskusi pembentukan cluster penelitian yang sesuai dengan roadmap dan dipandu oleh Dr. Supeno. Menurut Candra Dewi, S.Kom, M.Sc. selaku Ketua Panitia kegiatan, acara masih akan dilanjutkan kembali esok hari (23/11) dengan agenda kegiatan diskusi dan evaluasi pembahasan setiap cluster untuk menyusun topik penelitian yang lebih terperinci. [dna]