Sinkronisasi Teori dan Realita Dalam SE PTIIK 2013

Sinkronisasi Teori dan Realita Dalam SE PTIIK 2013

Demi untuk melakukan sinkronisasi antara teori perkuliahan dengan realita yang ada di dunia kerja yang sesungguhnya, maka Eksekutif Mahasiswa Informatika (EMIF) Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya melaksanakan program Studi Ekskursi 2013 (SE PTIIK 2013).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 25 Februari s/d 1 Maret 2013 ini para peserta SE PTIIK 2013 mengunjungi dua kota sekaligus, yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

Menurut Nabila Mahastika Priandana, Ketua Pelaksana SE PTIIK 2013 dalam Laporan Pertanggungjawaban kegiatannya, beberapa tempat yang dikunjungi saat di Jakarta adalah Kantor Kemenkominfo, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kantor Kaskus Indonesia, Kantor Biznet Data Center, Kantor Global Digital Prima, dan Kick Andy. Sementara itu di Yogyakarta para peserta SE PTIIK 2013 mengunjungi satu tempat tujuan saja, Universitas Gajah Mada.

Dalam SE PTIIK 2013 ini para peserta mendapat beragam ilmu yang sangat berarti. Pada hari pertama para peserta mengunjungi 3 lokasi, yaitu Universitas Indonesia (UI), Kantor Biznet Data Center, dan Kantor Kemenkominfo. Dari UI para peserta SE PTIIK 2013 mendapatkan tambahan wawasan khususnya tentang kelembagaan dan sistem perkuliahan di Fakultas Ilmu Komputer UI. Sementara di kantor Biznet Data Center, peserta belajar tentang ilmu bagaimana membagun sebuah server dan data center yang memenuhi standar Internasional (standar Tier 3, yaitu sebuah standar diamana pusat data harus benar – benar aman dari gangguan kemanan, gejala alam dan gangguan teknis lainnya). Dari kunjungan ke kantor Kemenkominfo peserta mendapat pengetahuan mengenai tugas dan peranan dari Kominfo untuk membuat regulasi dan undang–undang ITE dan memfilter konten di Internet yang dapat merusak harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu, hari kedua diisi dengan kunjungan ke UMJ, kantor Kaskus, Global Digital Prima, dan Kick Andy. Sementara hari terakhir SE PTIIK 2013 ditutup dengan kunjungan ke UGM.

Hampir sama halnya dengan saat berada di UI, saat kunjungan di UJM dan UGM peserta belajar tentang struktur kelembagaan dan sistem perkuliahan di tiap-tiap universitas. Sementara dari Kaskus dan GDP peserta dapat belajar mengenai skill apa saja yang diperlukan untuk dapat masuk bekerja dalam perusahaan terkait. Pengalaman menarik unik dan lucu saat hadir dalam Show Kick Andy Metro TV juga melengkapi perjalanan SE PTIIK 2013. [dna]