Dosen PTIIK Presentasikan Penelitiannya di Konferensi Internasional

Dosen PTIIK Presentasikan Penelitiannya di Konferensi Internasional

Novanto Yudistira,S.Kom.,M.Sc., (akrab dipanggil Yudis) salah satu dosen pengajar di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berkesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada 5th International Conference on Knowledge and Smart Technology (KST) di Burapha University, Thailand. Untuk dapat mengikuti KST yang digelar tanggal 31 Januari s/d 1 Februari 2013 itu Yudis harus bersaing dengan 86 peneliti lain dari seluruh dunia, karena kemudian hanya 40 makalah yang dipilih untuk dapat mengikuti KST. Adapun peneliti yang lolos hingga KST berasal dari berbagai negara, yaitu Thailand (27 makalah), Australia (3 makalah), Bangladesh (2 makalah), China (1 makalah), India (5 makalah), Taiwan (1 makalah) dan Indonesia (1 makalah).

Makalah yang dipresentasikan oleh Yudis berjudul “Using Strongly Typed Genetic Programming for Knowledge Discovery of Course Quality from e-Learning’s Web Log”. Dalam paparannya dijelaskan bahwa dengan hasil penelitiannya tersebut dapat memungkinkan data web log menjadi lebih mudah dibaca oleh user biasa, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan e-learning yang dikelola oleh user tersebut.
“Jadi biasanya apabila ada orang yang mengakses e-learning maka akan dicatat dalam server berupa catatan (log) yang tidak dapat dibaca, yang sebenarnya memuat informasi penting seperti IP address, tanggal berapa dia mengakses, dengan browser apa dan lain sebagainya. Harapannya dengan hasil penelitian ini nantinya log tersebut dapat dirubah ke bentuk data yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh penggunanya. Supaya nanti orang bersangkutan bisa paham misalkan ada masalah kenapa e-learning mata kuliah yang saya asuh ini kok keminatannya kurang atau jarang diakses,” jelas Yudis.

Menurut Yudis dengan mengikuti konferensi ilmiah internasional ini dirinya bisa mendapatkan banyak manfaat, mulai dari dapat berkenalan dengan peneliti dari berbagai negara, sharing ilmu pengetahuan, hingga bisa mendapat masukan berarti dari para keynote speaker profesional untuk perkembangan penelitiannya. Dirinya berharap hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan IT.

Untuk diketahui, International Conference on Knowledge and Smart Technology (KST) adalah konferensi internasional tahunan yang diadakan di Burapha University Thailand dan disponsori oleh IEEE. KST ini dirancang untuk menjadi wadah bagi para ahli dan peneliti untuk berbagi dan membahas berbagai isu dan perkembangan di bidang Computational Intelligence, Intelligent Application, Intelligent Computer Networks and Systems, and Emerging Intelligent Technologies. Pada 5th KST tersebut ada 3 keynote speaker yang turut hadir berbagi pengetahuan, yaitu Professor Stanislav S. Makhanov (Thammasat University Thailand), Professor Katsumi Watanabe (The University of Tokyo), dan Professor Susanto Rahardja (Head of Signal Processing Department at the Institute for Infocomm Research (I2R), Agency for Science, Technology and Research, Singapore). [dna]