PTIIK Terima Kunjungan FSKTM – UTHM

PTIIK Terima Kunjungan FSKTM – UTHM

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB menerima kunjungan dari Faculty of Computer Science and Information Technology Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (FSKTM – UTHM)  (18/6). Pada kesempatan itu hadir Prof. Madya Dr. Nazri (Dekan FSKTM – UTHM), Prof. Dr. Mustafa (Mantan Dekan FSKTM – UTHM) dan Dr. Farhan (Ketua Riset FSKTM – UTHM).  Sementara itu dari PTIIK hadir Ir. Heru Nurwarsito M.Kom. (Wakil Ketua I PTIIK), Edy Santoso, S.Si, M.Kom (Wakil Ketua III PTIIK) dan perwakilan dari KaProdi serta SekProdi TIF, SI, SKom.

Dalam acara yang dibuka dengan sambutan dari Ir. Heru ini, perwakilan UTHM, Dr. Nazri menjelaskan bahwa maksud kedatangan para perwakilan FSKTM – UTHM adalah untuk menawarkan kesempatan kerjasama dalam bidang riset, S2 dan S3. Dijelaskan pula bahwa, meski UTHM masih tergolong universitas baru tapi saat ini UTHM telah berhasil menduduki ranking 5 universitas terbaik di Malaysia.

Tawaran ini disambut dengan baik oleh pihak PTIIK. Menurut Ir. Heru dengan adanya tawaran ini akan memungkinkan para dosen PTIIK yang masih menyandang gelar S2 untuk dapat melanjutkan studi program S3 di UTHM.
“Harapannya nanti dengan kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah dosen S3 di PTIIK UB. Selain itu untuk mahasiswa S1 kita yang sudah lulus dan berminat untuk melanjutkan studi S2 di UTHM juga bisa. Ada berbagai beasiswa juga yang disediakan baik dari UTHM maupun pemerintah Malaysia,” jelasnya.

Hingga saat ini FSKTM – UTHM memiliki 2 macam program untuk master degree, yaitu Master’s Degree Research Programme dan Master’s Degree Mixed-Mode Programs dengan persyaratan lulusan S1 dari disiplin ilmu yang relevan dengan minimum CPA 2.70 (Research Programme) atau minimum CPA 2.50 (Mixed-Mode Programs). Selain itu tersedia juga program doktoral bagi para lulusan S2 dari disiplin ilmu yang relevan. Untuk dapat bergabung dalam ketiga progam tersebut maka pendaftar harus memiliki minimum TOEFL 500 atau IELTS 5.0.

Pada kesempatan itu para perwakilan FSKTM – UTHM juga diberikan kesempatan untuk berkeliling PTIIK, melihat ruang belajar serta berbagai fasilitas laboratorium yang ada di PTIIK. Acara kemudian ditutup dengan saling bertukar cenderamata. [dna]

Bagi yang berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai program yang ditawarkan di FSKTM – UTHM dapat menghubungi ruang A1.7.