Dita and Friends Juara I Kompetisi Akustik Essential 2013

Dita and Friends Juara I Kompetisi Akustik Essential 2013

Dita n friends saat perform di MX MallGrup musik akustik beranggotakan enam mahasiswa PTIIK yang menamakan dirinya “Dita and Friends” berhasil meraih juara I di ajang kompetisi musik akustik nasional Essential 2013 (11/5). Dalam kompetisi yang di gelar di MX Mall malang itu Dita and Friends berkesempatan untuk membawakan dua lagu. Pertama adalah lagu wajib ‘Manuk Dadali’ dan lagu kedua adalah ‘Jaranan’.
“Jadi sebetulnya untuk lagu kedua adalah lagu bebas. Tapi kami sengaja memilih lagu etnik juga karena memang kami awalnya adalah anak-anak festival yang memang suka lagu etnik. Selain itu lagu kedua itu kami pilih juga karena pertimbangan supaya tetap satu tema yang diangkat jadi tidak terasa terpisah dari lagu yang pertama,” jelas Syafruddin dan Ryan salah satu anggota Dita and Friends.

Kedua lagu yang disuguhkan tersebut telah diaransemen total oleh Dita and Friends menjadi lagu daerah bernuansa etnik yang dipadu unik dengan sedikit sentuhan jazz akustik dan bossas. Hal inilah yang kemudian membedakan mereka dengan 32 grup peserta lainnya, sehingga mampu menjadi nilai tambah dan membawa mereka menjadi nomor satu dalam kompetisi tersebut.
“Kita bisa menang karena lagu yang kita bawakan kita arasemen ulang total. Jadi lagu daerah itu kita buat jadi bernuansa etnik yang kita padu dengan jazz akustik dan bossas,” ungkap Ryan.

Prestasi ini tentunya didapat dengan usaha keras menghadapi berbagai kendala yang muncul. Menurut Ryan, kendala terbesar yang dihadapi dalam persiapan adalah menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk berlatih. Meski enam mahasiswa ini semuanya berasal dari PTIIK, tapi mereka berasal dari angkatan dan prodi yang berbeda-beda sehingga jadwal perkuliahan merekapun berbeda-beda.
“Kita bisa berlatih dengan personil yang lengkap, baru pada empat jam sebelum acara dimulai,” jelasnya.

Dita n friends bersama supporterSelain mendapatkan tropi dan uang tunai Rp.1.000.000,- Dita and Friends juga mendapatkan penghargaan untuk tampil sebagai opening INTERNATIONAL GUEST STAR yang menghadirkan Sabrina (penyanyi akustik asal Filipina) pada closing event Essential 2013 di Graha Cakrawala UM, 18 Mei 2013 mendatang.

Ryan beserta anggota Dita and Friends lainnya berharap dapat tampil lebih baik lagi di kompetisi musik akustik serupa baik tingkat nasional ataupun internasional.
“Harapannya kedepan kami bisa tampil lebih lagi di kompetisi lokal atau internasional jika memungkinkan. Untuk itu kami juga berharap bisa mendapat dukungan lebih dari PTIIK, misalkan sarana dan prasarana berlatih. Karena seperti kemarin kita juga sempat kesulitan mencari studio yang memiliki alat musik akustik lengkap. Jadi kami terpaksa berlatih sendiri-sendiri secara terpisah,” ungkap Ryan. [dna]

Berikut ini anggota grup “Dita and Friends”

  1. Ryan Hendy Septianto (TIF 2011) – Bass
  2. Syafruddin Agustin Putra (TIF 2012) – Cajon
  3. Gilang Dika Domisilafa (SI 2011) – Gitar
  4. Dita Oktaria (TIF 2010) – Vokal
  5. Mochammad Arief Satriajaya (SI 2011) – Gitar
  6. Irwan Andriyanto (TIF 2010) – Keyboard