3rd Surveillance SMM ISO 9001:2008 di PTIIK UB

3rd Surveillance SMM ISO 9001:2008 di PTIIK UB

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya kembali terpilih menjadi salah satu unit kerja yang mendapatkan kunjungan dari tim asesor Lloyd’s Register Quality Assurance (LRQA), badan sertifikasi ISO 9001:2008 pada 3rd Surveillance visit (24-25/4). Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya bagi PTIIK, karena sebelumnya pada 2nd Surveillance visit (12-14 Desember 2012) PTIIK juga sempat terpilih sebagai salah satu unit kerja yang dikunjungi oleh tim asesor ISO. Seperti diketahui ISO ini merupakan salah satu Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) di UB yang ditujukan untuk menilai kesesuaian sistem manajemen mutu di UB dengan standar internasional.

Pada kunjungan kali ini Mr. Rusli Ananda yang bertugas sebagai asesor hanya melakukan pengecekan ulang terhadap hasil temuan yang didapat pada saat kunjungan 2nd Surveillance. Pada hari pertama kunjungan, acara dibuka dengan sambutan dan paparan singkat tentang PTIIK dari Ir. Sutrisno MT selaku Ketua PTIIK. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari tim persiapan ISO PTIIK mengenai perkembangan tindak lanjut atas temuan dan catatan yang diberikan tim asesor pada 2nd Surveillance visit. Pada hari pertama tersebut dilakukan pembahasan mengenai sistem manajemen mutu PTIIK, PS. Informatika dan PS. Sistem Informasi. Sementara pembahasan tentang PS Sistem Komputer dilakukan pada gari kedua. Pada kesempatan itu selain mendengarkan paparan dari tim persiapan ISO PTIIK, Mr. Rusli Ananda juga melakukan pemeriksaan pada dokumen terkait sebagai bukti pelaksanaan tindak lanjut perbaikan.

Menurut Mr. Rusli Ananda, secara garis besar PTIIK yang masih tergolong sebuah program baru di UB sudah memiliki sistem manajemen mutu yang cukup baik, namun tetap perlu untuk dikembangkan agar semakin baik lagi kedepannya. [dna]