Program Mahasiswa Wirausaha 2013

Program Mahasiswa Wirausaha 2013

Bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk memulai usaha mandiri, namun belum dapat mewujudkannya karena terbentur faktor biaya, kini pemerintauh melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional telah meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Persyaratan bagi mahasiswa

  1. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 Universitas/Institut/Sekolah Tinggi dan Diploma/Politeknik yang telah menyelesaikan kuliah 3 semester atau minimal telah menempuh 60 SKS.
  2. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat di atas diharapkan menempuh seleksi yang meliputi aspek minat, motivasi berwirausaha, kelayakan usaha dan soft skills. Seleksi dilakukan oleh tim profesional yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, pengusaha, dan perbankan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut penting mengingat mahasiswa harus didampingi oleh mentor dari perguruan tinggi yang terlibat langsung dalam proses pendidikan kewirausahaan, sedangkan UKM/UMKM merupakan tempat magang dan yang mempunyai pengalaman praktis berusaha, dan perbankan merupakan pihak yang terkait serta berpengalaman dalam hal kelayakan finansial.
  3. Mahasiswa bersedia mengikuti peraturan dan tata tertib pengelola program PMW dengan mengikuti seluruh tahapan yang dijadwalkan, kemudian setelah menerima bantuan dana secara regular memberikan laporan pertanggungjawaban perkembangan usahanya kepada pengelola.

Bagi mahasiswa yang lolos seleksi akan menerima bantuan modal usaha sebesar maksimum Rp 8.000.000,00 (delapan juta rupiah/mahasiswa) dan maksimum Rp 40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah/kelompok terdiri atas 5 mahasiswa) yang akan dipergunakan untuk modal usaha awal (start-up) para mahasiswa

Pedoman PMW Tahun 2013 dapat diunduh di tautan berikut.