Dwi Putranto Juara I Lomba Design Merchandise UB 2013

Dwi Putranto Juara I Lomba Design Merchandise UB 2013

Dwi Putranto, mahasiswa PTIIK jurusan Informatika 2012 berhasil menjadi juara I pada Lomba Design Merchandise UB 2013 untuk kategori Umum Merchandise Tas (7/5). Dalam kompetisi yang digelar untuk memperingati Dies Natalis UB ke-50 ini, Dwi mengaku mengirimkan total 25 design merchandise untuk kategori umum yang terdiri dari merchandise tas, mug, kaos, topi dan penjepit dasi. Selain karena kegemarannya dalam bidang design, motivasi Dwi mengikuti kompetisi ini adalah untuk membanggakan orang tuanya dan memberi semangat pada teman-temannya sesama penyandang difabel di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD).
“Motivasi saya untuk memberi semangat teman-teman di PSLD dan mau membanggakan orang tua,” jelas Dwi dalam jawaban hasil wawancaranya yang dikirim melalui email pada humas PTIIK.

Diakui Dwi yang menyandang tuna rungu ini, ide tema yang diangkat dalam designnya terinspirasi oleh keindahan bumi ciptaan Tuhan. Dalam waktu satu bulan dirinya kemudian menuangkan ide itu dalam berbagai bentuk design sederhana namun tetap mengandung unsur keindahan. Dwi berharap orang yang melihat design hasil karyanya juga bisa merasa senang, sama seperti saat dirinya melihat keindahan bumi.

Dwi mengaku senang saat salah satu designnya terpilih jadi pemenang. Karena dengan begitu designnya akan digunakan pada merchandise UB dan dapat dilihat serta dinikmati banyak orang. Dwi juga bertekad akan terus mengasah kemampuannya dalam bidang design itu dengan mengikuti berbagai lomba design yang ada. Salah satu kompetisi design yang akan diikutinya adalah Lomba Design Logo FEB UB yang akan diselenggarakan tanggal 10-14 Juni 2013 mendatang.

Tidak hanya itu, Dwi juga ingin berbagi pengetahuannya tentang design ini kepada teman-teman difabelnya yang lain, agar bisa dijadikan bekal di masa mendatang.
“Rencana saya ingin mengajar murid-murid tuna rungu yang lain untuk belajar design. Supaya pengetahuan ini bisa dijadikan bekal untuk siap hidup mandiri di masa depan,” pungkasnya. [dna]

Berbagai design tas karya Dwi yang dikirimkan dalam Lomba Design Merchadise UB 2013 dapat dilihat pada tautan di bawah ini;

Design Merchandise Tas UB Karya Dwi