RANCANG BANGUN PERMAINAN SIMULASI UJIAN BERKENDARA 3D

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 5 - Number 7
Year of Publication: 2015
Mury Fajar Dewantoro, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Issa Arwani
Download Article

 


Abstract

Game atau permainan adalah salah satu media hiburan yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Game telah dibagi menjadi banyak genre dan subgenre. Sebuah genre atau jenis game biasanya di gunakan untuk menjelaskan gaya gameplay game tersebut. Dalam ujian SIM, syarat kelulusan pembuatan SIM adalah ujian teori, ujian praktik, dan ujian ketrampilan melalui simulator. Dalam ujian praktik SIM, Terdapat banyak materi yang di ujikan dalam ujian SIM, sepeti uji parkir seri maju mundur , uji zigzag, uji parkir paralel, uji melewati jalan sempit, dan juga tanjakan. Untuk memenuhi kebutuhan akan media pembelajaran yang mengenal cara mengemudi kepada masyarakat sebelum mendapatkan SIM maka di buat game simulasi dengan nama Smart Driving Simulator. Sebelum permainan dibuat dilakukan perancangan yang terdiri dari perancangan gameplay, level, concept arts, dan game screen flow. Berdasarkan perancangan dilakukan implementasi menggunakan Game Engine Unity dengan bahasa pemrograman C#. Untuk menguji game, dilakukan pengujian yang terdiri dari test suite dan playtesting. Dari hasil pengujian yang dilakukan, game smart driving simulation telah berjalan dengan baik dan permainan ini dapat memberikan gambaran dalam hal menyetir mobil, serta hiburan yang menyenangkan melalui gameplay dan grafik yang menarik.

Keywords

Unity Game Engine, game simulasi, ujian SIM