Abstract
PT Hasil Tunas Cemerlang merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang general distributor consumer, perusahaan memiliki visi misi, yang salah satunya yaitu menjadi perusahaan distribusi yang profesional, berwawasan dan berdaya saing global. Sistem kerja yang diterapkan oleh organisasi ini adalah berorientasi pada pelayanan prima (one day service), pencapaian target, jujur dan amanah, disiplin dan ber-etika, serta bertanggungjawab. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola teknologi informasi di waktu yang akan datang. Dalam studi kasus ini, pengumpulan data utama dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan analisa dokumen- dokumen perusahan terkait penelitian. Teknik pengumpukan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Studi kepustakaan, Studi lapangan, Wawancara dan Observasi. Analisis data menggunakan maturity level berdasarkan framework COBIT 4.1.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai maturity pada level domain PO yaitu sebesar 1,74 dengan nilai rata-rata tersebut dapat diartikan bahwa bidang pengolahan pada PT Hasil Tunas Cemerlang telah dengan menetapkan beberapa prosedur secara berulang. Nilai rata-rata diperoleh hasil sebesar 1,83. Hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai rata-rata diperoleh hasil sebesar 2,41. Hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada PT Hasil Tunas Cemerlang diperoleh hasil sebesar 2,41. Hasil tersebut menunjukkan bahwa selama ini secara keseluruhan domain untuk ME penerapannya masih belum terorganisasi dan belum juga menggunakan format dokumentasi yang terorganisasi.