Abstract
Abstrak
Penerimaan mahasiswa baru adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Universitas XYZ setiap tahun. Proses penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan oleh panitia, yang disusun oleh Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama (BAAK) Universitas XYZ. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dalam kepanitiaan ini masih belum memiliki manual prosedur atau yang biasa disebut SOP (Standard Operating Procedure) yang dapat dijadikan acuan dalam pengerjaan. Hal itu menimbulkan berbagai masalah, baik di dalam kepanitiaan, maupun kepada pihak di luar kepanitiaan.
Oleh karena itu, dalam proyek skripsi ini, penulis menggunakan konsep Business Process Management (BPM) untuk menganalisa proses bisnis penerimaan mahasiswa baru dan mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada program kerja ini. Proses bisnis yang telah diidentifikasi digambarkan menggunakan standar pemodelan Business Process Model and Notation (BPMN). Penulis menggunakan aplikasi Bizagi untuk memodelkan proses bisnis tersebut. Kemudian, melalui pemodelan proses bisnis dan dibantu oleh hasil wawancara, penulis menemukan masalah yang terjadi pada program kerja ini.
Penemuan masalah tersebut juga kiranya dapat menjadi pertimbangan bagi Universitas XYZ, khususnya bagian BAAK untuk mengambil keputusan atas tindakan apa yang selanjutnya akan dilakukan. Proyek skripsi ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya SOP untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam suatu program kerja.