Abstract
Abstrak
Sosial media memang sebuah wadah yang menarik untuk membagikan informasi kepada khalayak luas dan sebagai tempat yang bagus pula dalam melakukan promosi barang, jasa, atau informasi penting lainnya. Salah satu diantara sosial media sebagai media promosi yang sedang tren saat ini yaitu Twitter. Promosi yang bagus tergantung dari sasaran penerima promosi yang tepat. Promosi barang atau jasa cocok diberikan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan barang atau jasa tersebut dan berada pada lokasi yang terjangkau oleh mereka. Dalam Twitter, tweet yang diposting menyimpan data lokasi penggunanya. Sehingga dapat dilakukan penyebaran informasi atau promosi secara langsung ke area lokasi pengguna. Dan untuk mendapatkan sasaran promosi yang tepat, pemberian informasi perlu ditujukan kepada pengguna dengan jenis kelamin yang tepat. Dalam sosial media twiiter, sayangnya tidak disediakan data jenis kelamin, sehingga perlu penanganan khusus untuk dapat mengklasifikasikan pengguna tersebut. Untuk itu peneliti akan melakukan klasifikasi jenis kelamin pengguna twitter berdasarkan nama mereka. Klasifikasi dilakukan menggunakan metode Naïve bayes Classifier. Berdasarkan hasil perancangan, implementasi, dan pengujian dalam penelitian ini, didapat akurasi yang cukup tinggi yaitu sebesar 76% yang dilakukan pada data latih sebesar seribu data nama.