ANALISIS DAN PEMODELAN PROSES BISNIS MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (STUDI KASUS: UNIT HOME SERVICE PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK DIVRE V JATIM SURAMADU)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 34
Year of Publication: 2016
Andrini Alifia Imandari dan Ismiarta Aknuranda
Download Article

 


Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyedia layanan jasa telekomunikasi dan informasi baik melalui telepon maupun jaringan internet. Unit Home Service merupakan salah satu unit pada PT. Telkom yang bertujuan untuk penetrasi penjualan agar lebih fokus di bidang penjualan dan retensi pelanggan untuk semua produk Telkom terutama IndiHome. Terdapat sebanyak 90% testimoni pelanggan terhadap pelayananan PT. Telkom yang mengeluhkan lamanya eksekusi layanan IndiHome ke rumah pelanggan tanpa adanya pemberitahuan pada pelanggan. Berdasarkan inidkasi permasalahan tersebut, proses bisnis yang ada saat ini diidentifikasi dan dibuat modelnya menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Proses tersebut kemudian dipahami dan disederhanakan menggunakan streamlining tools Business Process Improvement (BPI). Kemudian kedua jenis proses bisnis tersebut disimulasi dengan bantuan tools Bizagi Modeler, lalu dibandingkan hasilnya. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi proses bisnis usulan untuk pengembangan sistem informasi yang dapat mengotomatisasi proses bisnis pada Unit Home Service PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divre V Jatim Suramadu. Hasil simulasi model proses bisnis saat ini dibandingkan dengan hasil simulasi model proses bisnis usulan menunjukkan bahwa rekomendasi proses bisnis usulan dapat memperpendek waktu siklus proses dari 1 jam 10 menit 6 detik menjadi 49 menit 37 detik dan mengurangi prosentase pemanfaatan sumber daya yang dibutuhkan oleh keseluruhan proses dari yang awalnya 30,15% menjadi hanya 20,27%.

Keywords

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom), pemodelan proses bisnis, perbaikan proses bisnis, Business Process Improvement (BPI), Business Process Model and Notation (BPMN)