EVALUASI KUALITAS SITUS WEB MEDIA CENTER KENDEDES KOTA MALANG MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IPA (STUDI KASUS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MALANG)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 33
Year of Publication: 2016
Pramitha Amalia, Ismiarta Aknuranda dan Retno Indah Rokhmawati
Download Article

 


Abstract

Saat ini teknologi situs web banyak dimanfaatkan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah karena dapat memudahkan pengguna khususnya masyarakat yang ingin mendapatkan layanan publik maupun informasi secara online. Situs web pemerintahan memiliki peran penting bagi masyarakat, yaitu dapat menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah melalui dunia maya tanpa terikat ruang dan waktu. Situs web Media Center Kendedes sebagai media online pelayanan publik memerlukan sebuah evaluasi untuk mengetahui apakah fungsi dan peranannya sudah memiliki kualitas yang sesuai dengan harapan atau persepsi pengguna situs web.

Evaluasi kualitas situs web Media Center Kendedes dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan IPA (Importance Performance Analysis) menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 22 atribut yang ada pada Webqual 4.0 sebagai atribut penelitian berbentuk kuesioner. Sedangkan untuk metode analisis digunakan metode IPA yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian, analisis kesenjangan (gap), serta analisis kuadran. Penelitian ini melibatkan 132 responden serta menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria bahwa responden pernah menggunakan situs web Media Center Kendedes sebelumnya.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas situs web Media Center Kendedes memiliki tingkat kesesuaian sebesar 92,02% yang menyimpulkan bahwa tingkat kinerja situs web Media Center Kendedes masih dibawah harapan pengguna dan pengguna merasa tidak puas dengan layanan situs web Media Center Kendedes. Hasil analisis kesenjangan (gap) sebesar -0,3991 menunjukkan kualitas kinerja dinyatakan kurang dan belum dapat memenuhi kepentingan (harapan) pengguna. Hasil analisis kuadran menunjukkan terdapat 2 atribut pada kuadran A yang artinya atribut menjadi prioritas utama perbaikan, 10 atribut pada kuadran B yang artinya atribut dinilai sudah sesuai dengan harapan pengguna, 7 atribut pada kuadran C yang artinya atribut dinilai cukup sesuai dan bukan menjadi prioritas utama perbaikan, dan 2 atribut pada kuadran D yang artinya atribut dinilai kinerjanya berlebihan oleh pengguna. Atribut-atribut yang perlu mendapatkan perhatian dan prioritas perbaikan yaitu atribut “situs ini menjamin keamanan data pribadi saya“ dan atribut “saya merasa situs ini mudah untuk dinavigasikan”  yang terletak pada kuadran A.

Keywords

Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, situs web Media Center Kendedes