Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan ke publik serta menangani dalam pengelolan data kependudukan dan catatan sipil masyarakat daerah kota Malang. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang jumlah kepadatan penduduk kota sampai dengan tahun 2014 terdapat 865.306 jiwa. Bidang pencatatan sipil menyediakan beberapa pelayanan pencatatan dalam pengelolahan, pengumpulan, dan pengendalian layanan pencatatan sipil saat ini ada beberapa proses bisnis layanan sudah terkomputerisasi dan sebagian secara manual. Dari permasalahan diatas, diperlukan sebuah solusi berupa pemodelan arsitektur serta optimalisasi proses bisnis sebagai fokus pada penelitian ini, agar dapat memberikan bahan untuk mengembangkan sistem dengan perencanaan proses bisnis yang baik dan benar dalam menjalankan berbagai kegiatan layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu TOGAF ADM untuk membangun, mengelola, implementasi arsitektur enterprise sehingga pemodelan yang digunakan dalam perancangan bisa disesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan. Penelitian ini akan menghasilkan perencanaan arsitektur bisnis dengan 10 fungsi bisnis di Bidang Pencatatan Sipil yang disesuaikan dengan kebutuhan dan target dari organisasi. Pemodelan arsitektur enterprise yang sesuai dan benar akan menghasilkan kebutuhan arsitektur sistem informasi yang dapat dijadikan dalam dasar merencanakan, merancang, mengelola, dan mengembangkan sebuah sistem untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam pelayanan organisasi tersebut.